Tentang kesehatan

Rutinitas Latihan Beban Ringan

Rutinitas Latihan Beban RinganBerlatih beban ringan secara rutin merupakan tambahan yang penting untuk setiap kegiatan bekerja Anda. Olahraga angkat beban akan meningkatkan kekuatan otot, kekuatan inti, melindungi organ vital di area perut, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, serta memberi Anda kondisi sehat secara keseluruhan.

Latihan angkat beban ringan secara rutin juga akan membantu dalam membangun rasa percaya diri, menambah kepadatan tulang untuk meminimalisir risiko osteoporosis, dan mempertahankan kebugaran serta keseimbangan otot. Tujuan latihan beban ringan bukan untuk membentuk dan membesarkan otot, namun untuk mencapai gaya hidup sehat, yang membantu Anda dalam melakukan segala aktivitas yang Anda senangi, tanpa harus bersusah-payah.

Rutinitas latihan angkat beban ringan dikondisikan untuk semua orang. Tua dan muda, wanita dan pria, orang sakit maupun sehat, semuanya bisa memperoleh manfaat berupa keseimbangan otot dan jantung, yang dicapai dengan melakukan latihan beban ringan secara rutin.

Pilihan mengenai jenis latihan beban ringan tergantung sepenuhnya terhadap apa hasil yang ingin Anda capai. Menggunakan beban ringan dengan repetisi dan set yang cukup banyak pada saat pengaplikasiannya akan meningkatkan pembentukan otot, keselarasan, dan daya tahan tubuh. Di lain pihak, menggunakan beban yang lebih berat dengan repetisi dan set lebih sedikit dalam aplikasinya akan meningkatkan kekuatan serta ukuran otot. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika bekerja dengan latihan beban seperti ini jika Anda mengikuti panduan yang benar dan menggunakan metode yang sesuai.

Jika Anda ingin melakukan rutinitas latihan beban ringan di rumah, Anda hampir tidak perlu memakai peralatan mahal sama sekali untuk memulainya. Anda bisa memilih, membeli barbel ringan di toko ataupun hanya menggunakan 2 batu bata, 2 kaleng sup, dan bahkan 2 buku. Atau Anda dapat mengisi 500 ml botol plastik minuman ringan dengan pasir untuk memperoleh berat yang diinginkan. Dalam melakukan kegiatan ini, Anda dianjurkan untuk selalu memakai sepatu untuk melindungi kedua kaki dan keseimbangan Anda. Jika Anda tertarik menggunakan tali latihan elastis, itu akan merupakan tambahan yang baik.

Sebelum memulai program, walaupun itu hanya latihan angkat beban ringan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Hal ini terutama penting bagi mereka yang telah berusia lebih dari 35 tahun, yang sudah jarang berolahraga seperti ini dalam jangka waktu lama. Alasan lain konsultasi wajib dengan dokter ialah, Anda harus mengetahui kondisi-kondisi tubuh Anda yang mungkin bisa mempengaruhi latihan yang akan Anda jalani. Berbagai kondisi tersebut misalnya penyakit jantung, asma, dan masalah tekanan darah Anda.

Bahkan jika Anda berniat untuk meningkatkan level ke program angkat beban yang lebih berat, Anda harus memulai dari angkat beban ringan terlebih dahulu untuk mempelajari teknik-teknik yang tepat sehingga kemungkinan terjadinya cidera dapat dihindari. Pertahankan postur yang baik untuk melindungi punggung Anda dengan mengunci lutut dan sikut Anda, buka kaki lebar, dan kepala Anda sebagai perpanjangan alami dari punggung. Ketika Anda melakukan latihan, tetap tegakkan kepala Anda, perlahan bahu diturunkan namun tetap rileks. Rapatkan otot-otot perut dan remaslah pantat Anda untuk mempertahankan perlindungan dari belakang. Kendalikan beban yang Anda gunakan, jangan membiarkan beban tersebut bergoyang atau terjatuh ke lantai.

Pastikan Anda melakukan pemanasan selama 5-10 menit sebelum memulai latihan. Anda bisa bersepeda indoor, menggunakan treadmill, trampolin indoor, dan lompat tali. Habiskan beberapa saat untuk meregangkan setiap kelompok otot secara perlahan dan tenang. Peregangan seperti ini juga harus dilakukan selama 5-10 menit. Ketika Anda melakukan latihan angkat beban ringan, Anda harus menghentikan sementara di tengah-tengah tiap pergerakan untuk membantu otot melakukan tugasnya. Kecepatan yang benar dalam melakukan angkat beban ialah dengan jeda 2-3 detik di setiap pergerakan. Bernapaslah selama pergerakan dilakukan, jangan menahan napas Anda.

Lebih banyak pria dan wanita kini menemukan manfaat olahraga angkat beban terhadap kesehatan fisik dan mental, dan secara umum lagi meliputi keseluruhan fisik mereka. Latihan angkat beban tidak hanya terbatas pada kegiatan di gym saja. Berlatih angkat beban dapat dilakukan di manapun, walau dengan ruang gerak terbatas, mulai dari rumah baru hingga apartemen murah.

Olahraga dan kesehatan