Bedah Plastik Laser CO2Bedah plastik laser CO2 dapat disebut laser resurfacing, lasabrasion atau pengobatan laser untuk keriput. Apapun sebutan yang mungkin lebih Anda sukai, laser resurfacing merupakan salah satu perawatan yang paling umum digunakan untuk keriput dan bekas jerawat saat ini.

Bedah plastik laser CO2 bekerja untuk menghilangkan keriput dan bekas jerawat. Laser melakukannya dengan

menguapi sel-sel superfisial kulit yang rusak dan membantu kolagen yang tersisa untuk menjadi lebih tebal dan sehat. Dengan prosedur ini keriput halus dihilangkan dan bekas jerawat akan terlihat berkurang.

Bedah plastik laser CO2 juga akan mengencangkan kulit, menghaluskan tekstur kulit, memperbaiki kulit dan mungkin juga warna kulit Anda. Namun ada keburukannya. Bedah laser bukan obat mujarab. Keriput dan bekas luka akan membaik tetapi tidak hilang dan beberapa perawatan mungkin diperlukan untuk mencapai hasil yang benar-benar Anda inginkan. Pemulihan dari bedah plastik laser CO2 tidak selalu seperti yang dibayangkan.

Bedah plastik laser CO2 bekerja dengan menguapi kulit di sekitar keriput dan bekas luka. Hal ini membuat mereka tampak berkurang dan juga merangsang produksi kolagen yang membuat keriput tidak terlalu dalam. Karena kulit Anda diuapkan, ia bereaksi seolah-olah seperti dibakar. Kulit akan mengeluarkan cairan dan berair. Jika kerutan Anda halus dan bekas luka dangkal maka satu pengobatan mungkin cukup memadai. Jika tidak, keriput dan bekas luka yang lebih dalam mungkin memerlukan beberapa kali perawatan untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Dokter kulit Anda akan memberitahu Anda bahwa mempersiapkan kulit untuk bedah plastik laser CO2 sangat penting agar hasilnya optimal. Kebanyakan dokter kulit menggunakan Retin-A, asam glikolat atau agen pemutih untuk membantu mempersiapkan kulit Anda. Hal ini akan mengurangi efek dari perubahan warna, kecepatan penyembuhan dan mengoptimalkan hasilnya. Gunakan produk sebagaimana diperintahkan oleh dokter kulit untuk mendapatkan hasil terbaik.

Menggunakan bedah plastik laser CO2 untuk menghilangkan keriput dan bekas luka dapat berlangsung selama 15-90 menit dengan anestesi umum. Pasien biasanya pulang pada hari yang sama. Pasien sering mengalami pembengkakan yang dapat berlangsung selama 3 hari sampai 3 minggu tergantung pada tingkat operasi dan berapa banyak dari perawatan laser yang mereka terima. Daerah yang di bedah akan terlihat seperti luka bakar dalam atau lecet. Kulit akan berair, mengeluarkan cairan dan akan ada rasa sakit ketika kulit tidak tertutup.

Sama seperti luka bakar biasa, kulit akan sembuh dalam 5-14 hari dan kemudian tampak sedikit seperti terbakar matahari. Efek terbakar matahari membutuhkan beberapa waktu untuk hilang dan akan membaik dalam waktu antara 1-4 bulan. Fakta yang menarik mengenai efek kemerahan ini adalah bahwa meskipun kebanyakan orang benci terlihat merah namun sepertinya semakin lama terlihat kemerahan maka akan semakin baik hasil akhirnya.

Sekali Anda telah menjalani bedah plastik laser CO2, anda harus selalu memakai perlindungan matahari minimal SPF 15. Dokter kulit Anda akan memberitahu Anda bahwa pengobatan dan luka bakar tersebut memerlukan sun block selama minimal 6 bulan tetapi Anda akan membuat hasil perawatan bertahan lebih lama dengan menghindari matahari dan memakai pelindung matahari SPF 30 dari sekarang.

Hasil akhir dari bedah plastik laser CO2 akan terlihat setelah kemerahan telah benar-benar memudar. Dalam kasus laser CO2, dapat mencapai 4 bulan setelah prosedur. Jika kasus Anda memerlukan pengobatan kedua, Anda harus menunggu setidaknya enam bulan antar pengobatan.

Bedah plastik laser CO2 adalah pengobatan alternatif untuk keriput dan bekas jerawat ketika pasien menginginkan pengobatan yang lebih kompleks dan lengkap dibanding pengelupasan Microdermabrasi atau kimiawi.