PeringatanApakah Anda orang tua dari seorang anak yang memiliki alergi terhadap makanan? jika ya, mungkin Anda membutuhkan  beberapa tips yang berguna untuk menghadapi kondisi medis yang dimilikinya.

Pertama, satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah bicarakan dengannya perihal alergi makanan yang dimilikinya. Ini adalah yang paling utama yang perlu dilakukan terhadap

anak usia prasekolah dan usia sekolah dasar. Anak-anak dalam rentang usia ini umumnya suka berbagi atau bertukar makanan dengan teman-temannya atau teman kelasnya, kebiasaan ini tidak selalu aman baginya. Semakin dini Anda membicarakan hal ini dengannya, maka semakin baik baginya. Untuk anak-anak kecil, pastikan Anda mendiskusikan perihal alergi makanan yang mereka miliki ini lebih dari sekali. Bagi anak-anak yang berusia diatasnya dan remaja, ajarkan kepada mereka untuk dapat membaca label makanan sendiri.

Sebagai tambahan, pastikan Anda membicarakan perihal alergi makanannya kepada siapapun yang berinteraksi dengannya, termasuk didalamnya guru sekolah, perawat sekolah, pemilik tempat penitipan anak, kerabat, dan orang tua teman-temannya. Banyak kejadian reaksi alergi makanan terjadi diluar rumah saat diluar pengawasan orang tua. Jika Anda meminta anak Anda berkunjung ke saudara atau temannya, sangatlah bijak jika Anda membawakan bekal makanan sendiri yang aman baginya.

Mengenai memberi makanan kepada anak dengan alergi terhadap makanan tertentu, sangatlah penting untuk membaca label makanannya. Beberapa makanan, bahkan yang tidak mengandung kacang atau gandum/biji-bijian sekalipun, dapat saja memiliki peringatan kalau kacang atau gandum/biji-bijian ini mungkin saja terkandung didalamnya. Jika begini, hal terbaik adalah menjauhinya. Penting juga bagi Anda untuk membaca label makanan yang akan dikonsumsi oleh anak Anda sehari-hari. Bagi beberapa orang tua, hal ini mungkin dianggap membuang-buang waktu, akan tetapi produsen terkadang mengganti resep dan komposisi bahan-bahan yang digunakannya. Oleh karena itu, lebih baik memastikan keamanannya untuk dikonsumsi daripada menyesal di kemudian hari.

Ketika makan diluar bersama anak Anda, seperti di restoran cepat saji, deli (toko yang menjual keju, potongan daging yang telah dimasak dan salad), atau toko roti, ada baiknya anda menanyakan beberapa pertanyaan dahulu. Ini penting dilakukan terutama di deli atau toko roti.
Apakah semua makanan ini diproduksi di tempat yang sama?, apakah alat pemotong daging berbeda dengan yang digunakan untuk memotong keju?, ini keharusan bila anak Anda memiliki alergi terhadap susu dan produk-produk susu. Apakah ada kemungkinan bahan makanan tertentu, seperti kacang atau gandum/biji-bijian, digunakan atau mungkin dapat secara tidak sengaja ikut tercampur kedalam produk-produk tersebut?

Sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi reaksi alergi terhadap makanan. Pastikan juga mereka yang dekat dengan Anda dan anak Anda tahu bagaimana cara mengatasi reaksi alergi terhadap makanan. Bila anak Anda telah memperoleh medikasi/obat-obatan yang harus diminum bila terjadi reaksi alergi, maka pastikan medikasi tersebut selalu dibawa oleh Anda dan anak Anda. Saat di sekolah atau tempat penitipan anak, berikan medikasi tersebut ke perawat sekolah atau pemilik tempat penitipan anak. Jika anak Anda berkunjung ke teman atau saudara, pastikan untuk memberikan medikasinya ke orang yang lebih dewasa dan beritahu mereka kapan medikasi tersebut perlu digunakan atau tidak.

Jika anak Anda mengalami reaksi alergi oleh karena sesuatu yang telah mereka makan, secepatnya putuskan untuk perlu tidaknya ia mendapatkan perawatan medis. Kebanyakan orang tua akan mencari pertolongan medis untuk anaknya meskipun terlihat baik-baik saja. Hal ini akan sangat mungkin terjadi terutama bila baru pertama atau kedua kalinya menghadapi kejadian reaksi alergi.

Seperti yang telah Anda ketahui, ada beberapa tips penting yang harus Anda ingat dan ketahui jika Anda adalah orang tua dari anak yang memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, terutama alergi terhadap kacang. Karena kebanyakan reaksi alergi terjadi ketika tidak dalam pengawasan orang tua, maka pastikan setiap orang dewasa yang berinteraksi dengan anak anda mendapatkan informasi yang memadai tentang anak Anda.