Tentang kesehatan

Alergi kulitibuan orang menderita alergi yang dapat ditimbulkan oleh makanan, bulu hewan peliharaan, serbuk sari tanaman, jamur, atau zat-zat lainnya. Untuk membantu mengurangi kepekaan terhadap alergen-alergen tersebut, maka dirancanglah apa yang dikenal sebagai terapi alergi.

Alergen adalah zat yang menyebabkan tubuh bereaksi melalui cara tertentu yang berbeda dari reaksi normal. Bila Anda

menghirup bau bulu hewan peliharaan, mungkin Anda hanya mencium bau tidak enak. Tubuh Anda mungkin tidak mengalami masalah, namun bagi seseorang yang alergi terhadapnya, maka akan dapat menimbulkan suatu reaksi tertentu terhadap tubuhnya. Anda akan mulai bersin, kulit berubah menjadi kemerahan atau mengalami mata bengkak. Ini adalah reaksi tubuh ketika bersentuhan dengan bulu hewan peliharaan. Tubuh akan melepas histamin untuk melawan benda asing ini. Adalah histamin yang menyebabkan reaksi-reaksi yang berbeda ini pada mereka yang memiliki alergi.

Beberapa orang yang memiliki alergi dapat mengalami reaksi anafilaksis. Pada kondisi ini, bersentuhan dengan alergen dapat mengakibatkan munculnya respon tubuh yang mematikan. Reaksi anafilaksis apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan sulit bernapas, pembengkakan yang parah bahkan kematian. Mereka biasanya akan membawa EpiPen untuk digunakan sebagai pertolongan pertama dalam menghentikan reaksi anafilaksis hingga akhirnya mereka mendapatkan perawatan medis.

Apakah yang Dimaksud Dengan Terapi Alergi?

Terapi alergi adalah suatu teknik yang dirancang untuk mengurangi hingga akhirnya menghilangkan respon tubuh terhadap alergen-alergen tertentu. Pada dasarnya ini adalah upaya  untuk mengurangi kepekaan tubuh terhadap zat-zat ini sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang bebas alergi. Menurut mereka yang mempraktekkan terapi alergi, ini lebih efektif daripada obat-obat alergi dalam hal mengatasi masalah hingga ke akarnya. Obat-obat alergi dirancang untuk mengatasi gejala-gejalanya seperti  hidung meler, gatal-gatal, mata berair, hidung tersumbat atau sesak nafas. Ini semua adalah reaksi-reaksi  yang bisa terjadi pada tubuh ketika sistem kekebalannya bereaksi terlalu berlebihan terhadap rangsangan/stimulus.
Terapi alergi menggabungkan semua aspek gaya hidup seseorang dalam melawan balik efek alergi terhadap tubuh. Unsur-unsur yang termasuk di dalamnya adalah diet, homeopati, menurunkan stres, kinesiologi dan obat-obatan herbal.

Bagaimana Cara Kerjanya ?

Terapi Alergi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghentikan pengaruh lingkungan serta alergen-alergen lainnya terhadap tubuh. Pertama, pengujian dilakukan untuk menentukan jenis alergen yang menyebabkan Anda alergi. Cara tercepat adalah dengan menggunakan jarum kecil yang telah dicelupkan ke dalam zat alergi tertentu, untuk kemudian ditusukkan  pada bagian belakang tubuh. Jika muncul bekas kecil pada tempat tersebut, maka terhadap zat itulah Anda alergi terhadapnya.

Akupresur digunakan untuk memulihkan aliran energi tubuh setelah didapati substansi alergi. Akupresur berdasarkan pada keyakinan bahwa apa pun yang menyebabkan masalah pada tubuh akan menghalangi aliran alamiah energi.
Alergen tersebut dihindari selama 25 jam. Setelah itu, tubuh diuji lagi untuk memastikan bahwa alergi telah dieliminasi. Ini mungkin memerlukan waktu lebih dari satu kali pengobatan untuk menurunkan kepekaan tubuh Anda terhadap alergen.

Terapi Alergi lebih mirip seperti suntikan alergi tetapi tidak ada jarum yang digunakan. Energi alamiah tubuh dirangsang untuk menghilangkan kepekaan terhadap alergi. Jika Anda akan menjalani imunoterapi (terapi untuk kekebalan tubuh), berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum menjalani terapi alergi.