Tentang kesehatan

Cara Merawat Ruam Karena Poison IvyIni adalah kesalahan orang tua. Anak Anda pulang ke rumah dalam keadaan gatal setelah bermain. Biasanya, penyebabnya hanya satu yaitu poison ivy. Berikut ini ada beberapa cara agar Anda dapat merawat ruam yang merepotkan tersebut.

Apa Poison Ivy?

Beberapa orang terkena poison ivy karena mereka tidak tahu cara mengenalinya. Sebenarnya hal ini sangat sederhana dan mudah. Poison ivy adalah

tanaman yang memiliki tiga helai daun berwarna hijau yang kadang-kadang ada semburat kemerahan di daunnya. Biasanya merambat rendah di atas tanah dan tumbuh di hutan. Tanda lainnya adalah mempunyai buah berwarna putih, tetapi biasanya hanya terlihat di akhir musim panas. Cara terbaik untuk mengenalinya adalah dengan melihat helai daunnya.

Terkena Poison Ivy

Yang paling banyak dialami oleh orang-orang adalah terkena radang kulit. Minyak yang ada pada daun dapat menyebabkan rasa gatal yang parah. Ruam merah akan terbentuk pada kulit yang bersentuhan dengan tanaman. Ketika Anda mulai menggaruk kulit yang gatal tersebut, situasinya bisa menjadi tak tertahankan, terutama untuk anak-anak, sehingga memerlukan pengobatan.

Perawatan ketika terkena Poison Ivy

Jadi, bagaimana cara menangani rasa gatal tersebut? Pertama, jika Anda bersentuhan dengan poison ivy, cucilah segera kulit Anda. Hilangkan minyak tanaman tersebut dari kulit Anda sampai bersih. Tindakan ini tidak akan menghentikan ruam tetapi dapat mengurangi durasi dan intensitas ruam.

Berikut ini ada beberapa cara untuk menangani ruam. Biasanya, ruam akan benar-benar hilang dalam waktu sekitar tiga minggu.

Kompres dingin

Jagalah area yang terkena ruam agar tetap dingin dan sejuk dengan menggunakan kain handuk yang lembab dan dingin. Gantilah dengan kompres yang baru jika yang lama sudah tidak dingin lagi agar kulit tetap dingin dan lembab.

Mandi

Bagian terburuk dari semua ini adalah rasa gatal, jadi lakukan segala cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal tersebut. Cobalah mandi dengan air di

gin yang diberi oatmeal (tepung gandum) atau soda kue. Gunakan oatmeal yang masih baru dan segar. Duduk dan berendamlah selama sekitar 30 menit.

Pasta

Buatlah adonan pasta dingin dari soda kue dicampur dengan air atau mencampur garam Epson dengan air, lalu dioleskan di kulit yang terkena ruam. Tutup dengan kain kasa agar pasta tersebut tetap melekat.

Lotion

Masih memerlukan bantuan yang lebih banyak? Anda dapat mengoleskan lotion kalamin yang akan membantu mengeringkan ruam yang berair dan basah. Jika Anda tahan dengan rasa nyeri, cobalah menggunakan alkohol atau produk yang mengandung seng asetat.

Biarkan kulit bernapas dengan bebas

Bila Anda sedang tidak mengoleskan pasta atau berendam, biarkan ruam tersebut terbuka dan bersentuhan dengan udara supaya ruam bisa sembuh.

Obat-obatan

Anda bisa minum antihistamin untuk membantu menghentikan gatal. Tanyakan kepada dokter obat apa yang dapat meringankan ruam tersebut.

Ruam karena poison ivy adalah sesuatu yang sering terjadi pada anak-anak atau orang dewasa yang bermain-main atau beraktivitas di luar rumah. Dan hal ini sangat mengganggu mulai pertama saat Anda bersentuhan dengan tanaman tersebut sampai ruamnya hilang dari kulit Anda. Ulasan di atas adalah beberapa cara praktis untuk membantu mempercepat kesembuhan ruam yang Anda alami.