Sistem PencernaanDari zat-zat asing yang biasanya tidak berbahaya, alergi terjadi sebagai bentuk dari reaksi abnormal pada sistem kekebalan tubuh. Alergi makanan sindrom usus bocor dapat mempengaruhi sebagian kecil dari populasi manusia dan sindrom ini dapat menyebabkan reaksi langsung seperti penyempitan saluran napas, pembengkakan, penurunan tekanan darah secara cepat, dan lain-lain.

Makanan yang dapat menyebabkan alergi pada sindrom usus bocor adalah

produk dari bahan susu, gandum, kedelai, telur, beras, kacang, kerang, ikan, daging babi, susu dan gandum hitam. Beberapa orang memiliki reaksi beberapa jam lebih lama terhadap alergi makanan  yang tidak ditangani oleh IgE, bahkan hingga tiga hari setelah terkena alergen tersebut. Karena itulah sulit mengidentifikasikan bahan makanan aoa yang menyebabkan reaksi ini, lagipula setiap bahan makanan cenderung membuat gejala yang sama secara umum sehingga sulit untuk memberi ciri pada masing-masing bahan makanan.

Penundaan dari efek hypersensivitas pada orang-orang dengan alergi makanan sindrom usus bocor dapat memperburuk kondisi dan kerusakan pada lapisan usus. Tingkat penyerapan dari usus karena alergi makanan dapat meningkat dan hal ini haruslah ditanggapi dengan serius. Untuk mengurangi kemungkinan penipisan lapisan usus, orang yang memiliki alergi makanan sindrom usus bocor harus berhati-hati dengan makanan yang mereka konsumsi. Dalam beberapa kasus, alergi makanan dapat terjadi karena kesalahan sistem kekebalan tubuh mengenali molekul-molekul dari kebocoran usus sebagai zat berbahaya dalam aliran darah sehingga memproduksi antibodi untuk melawan hal tersebut.

Sangat penting untuk menemukan lebih banyak informasi mengenai alergi makanan sindrom usus bocor karena kondisi ini biasanya tidak dikenali oleh sistem kedokteran konvensional. Apabila Anda telah didiagnosa memiliki penyakit ini, pelajari bahan makanan apa yang dapat menyebabkan terjadinya reaksi dan lakukan diet eliminasi, atau lakukan diet rotasi untuk mencegah adanya alergi baru. Saat kita menjadi tua, usus kita telah mengalami banyak peristiwa yang mencakup kekurangan gizi, pencernaan yang buruk dan makanan yang beracun, pada penyakit alergi makanan sindrom usus bocor, Anda perlu mengembalikan keseimbangan bakteri baik di usus Anda dengan mengambil dosis besar probiotik dan suplemen lain serta makanan yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik.