DebuApakah Anda mempunyai alergi? Apakah Anda pernah merasakan kepala seperti mau pecah atau kulit Anda seperti terbakar karena gatal-gatal yang tiba-tiba Anda rasakan tidak perlu mengatakan panjang lebar, alergi memang membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Apakah Anda mengetahui tentang alergi? Bagaimana alergi menyerang, apa penyebabnya, siapa saja yang rawan terkena, darimana penyebab alergi? Ada ribuan pertanyaan yang mungkin terlintas dipikiran Anda. Anda perlu waktu untuk menemukan jawaban tentang ini. Anda harus mengerti bahwa

tidak semua orang mempunyai reaksi sama terhadap alergi ini. Ada beberapa orang yang rawan terkena alergi dan ada yang tidak mudah terkena alergi. Artikel ini akan memberi Anda pengetahuan tentang penyebab alergi dan efeknya terhadap tubuh.

Melihat penyebab alergi lebih dekat

Umumnya penyebab alergi ada dimana-mana, beberapa contoh adalah debu, serbuk sari bunga, rumput, makanan, bulu hewan peliharaan. Penyebab alergi dikenal sebagai bentuk khusus antigen yang memicu reaksi alergi dari tubuh. Secara teknis tubuh dilindungi oleh sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh mendeteksi bentuk asing yang masuk tubuh maka ini memicu sistem kekebalan untuk memproduksi antibodi untuk melawan bahan asing tersebut. Maka ini disebut reaksi alergi.

Penyakit dan gejalanya sebenarnya tergantung pada jalur, tingkat pasokan dan bagaimana reaksi tubuh terhadap penyebab alergi. Penyebab alergi terdiri dari berbagai bahan kimia sehingga reaksinya tergantung kepada bagian tubuh mana yang melakukan kontak. Contoh kecil, serbuk sari bunga akan menimbulkan efek kecil bila bersentuhan dengan kulit namun akan berbeda jika menelan makanan penyebab alergi. Singkatnya, penyebab alergi bisa ditelan jika pada kasus makanan-makanan penyebab alergi, dihirup pada kasus serbuk sari dan bulu hewan, bersentuhan dengan kulit atau disuntikkan ke dalam tubuh dalam kasus tersengat serangga.

Gejala-Gejala Alergi

Anda perlu mengerti gejala-gejala alergi sehingga Anda bisa lebih waspada jika mengidap alergi. Seseorang disebut memiliki alergi adalah jika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi pada sesuatu yang tidak berbahaya.

Ada dua jenis alergi yang harus Anda kenali, yaitu alergi terus-menerus dan alergi musiman. Alergi berkelanjutan terjadi terus sepanjang waktu sedang musiman hanya muncul di waktu tertentu dalam setahun. Tentu saja ada parameter yang harus selalu diingat.

Yang perlu dilakukan adalah menjauhi dan menghindari penyebab alergi dan melakukan pengobatan. Gejala-gejala yang terjadi berbeda pada setiap orang. Semua dipengaruhi oleh penyebab alergi dan bagaimana tubuh meresponnya.

Akibat yang biasa timbul karena alergi adalah gatal ringan sampai gatal yang hebat,sesak nafas, bercak dan bentol pada kulit, batuk-batuk, bersin-bersin, gatal pada hidung, mata dan tenggorokan, mata berair, mata merah, hidung mampet dan lain-lain.

Tidak memandang tua maupun muda, ini semua tergantung pada bagaimana sistem kekebalan tubuh mereka bereaksi pada bahan-bahan asing tersebut.