Olahraga Selulit

Olahraga Selulitelulit adalah tonjolan yang tidak enak dilihat pada wanita yang terdapat pada paha, lengan atas, perut, dan pantat ketika usia mereka bertambah. Selulit dapat terjadi pada wanita yang bertubuh kurus atau

wanita yang mempunyai berat badan lebih. Yang umum terjadi adalah selulit dialami oleh kebanyakan wanita.

Diusia kita sekarang ini, hidup menjadi lebih sibuk dan cenderung mengabaikan pola hidup sehat dengan tujuan agar dapat menjaga orang-orang disekitar kita. Kebanyakan wanita mendapati bahwa latihan untuk selulit pada rutinitas mereka dapat membantu mengurangi tampilan tonjolan di tubuh mereka. Walaupun latihan ini tidak menghilangkan masalah, tetapi latihan ini bisa mengurangi tampilan tonjolan akibat selulit dengan menngencangkan dan menguatkan otot di bawah kulit. Manfaat lain dari latihan kekuatan adalah mencegah osteoporosis (masalah lain yang menyerang wanita daripada pria), meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

Tidak masalah apa yang menyebabkannya atau bagaimana perkembangannya, jika Anda mengalaminya tentu Anda ingin segera menghilangkannya. Wanita di Amerika menghabiskan berjuta-juta dolar setiap tahunnya terhadap berbagai macam produk dan pengobatan, baik di rumah maupun ruang dokter, untuk menghilangkan tonjolan dan kerutan keju yang terlihat di kulit pada paha, kaki, lengan, pantat dan perut.

Salah satu cara pengobatan yang tergolong murah dan efektif yang bisa dilakukan di rumah untuk mengecilkan bentuk selulit adalah Olahraga Selulit. Olahraga ini meningkatkan kekuatan otot di bawah kulit dan juga berpotensial untuk mengurangi tumpukan lemak. Melakukan latihan secara rutin untuk mengurangi selulit sama juga dengan melakukan latihan kardiovaskular pada latihan otot ini.

Di bawah ini beberapa latihan selulit yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi tampilan selulit pada pantat, paha, perut dan lengan atas Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan latihan selulit di tempat gym dapat menyekat otot dengan lebih baik. Latihan ini dapat dilakukan di rumah juga tetapi lihat postur dan bentuk tubuh Anda dahulu, sehingga Anda bisa menyekat otot dengan baik. Juga termasuk perenggangan setelah olahraga untuk meningkatkan efektifitas pada latihan Anda.

1. Miringkan tubuh Anda kesamping, lakukan 10 kali pengulangan kemudian miringkan tubuh Anda ke sisi yang lain.

  • Tariklah lutut Anda ke depan, sebaiknya panggul Anda membentuk sudut 90 derajat. Luruskan kaki ke atas di depan Anda, Anda sebaiknya menguatkan letak panggul 90 derajat. Angkat kaki ke atas dengan pelan sekitar 90 cm dari tanah kemudian turunkan.

  • Luruskan kaki Anda, tubuh Anda sebaiknya berada disatu garis lurus. Miringkan panggul Anda ke depan sedikit. Angkat kaki Anda sekitar 90 cm dari tanah kemudian turunkan.

  • Posisikan kaki Anda ke atas di depan tubuh Anda pada tanah. Pindahkan kaki bawah maju sedikit. Angkat kaki bawah 20 - 30 cm dari tanah dan turunkan.

2. Duduki kaki secara menyilang diikuti perenggangan urat. Hal ini akan meningkatkan kekuatan otot pada daerah otot dibelakang paha. Juga punggung Anda tetap tegak dan melawan sandaran punggung pada mesin atau kursi jika dilakukan di rumah.

3. Memanjangkan kaki diikuti berdiri dengan perenggangan paha akan meningkatkan kekuatan paha dan otot Anda di bawah kulit di daerah paha atas. Jangan bertumpu pada ujung kaki dan menjaga berat tubuh pada pergelangan kaki.

4. Latihan adduction pinggul bekerja di dalam otot paha dan otot perut bawah. Mulailah dengan 10-15 ulangan diikuti dengan perenggangan paha.

5. Latihan abduction pinggul adalah kebalikan dari adduction, yaitu bekerja di luar otot paha dan otot perut abdominal bawah. Lakukan 10-15 pengulangan diikuti oleh peregangan otot paha luar.

6. Tekan kaki sehingga bekerja pada pantat, paha, otot lutut dan betis. Lakukan 10-15 pengulangan dan akhiri dengan menarik lutut Anda ke arah dada dan merenggangkannya kembali.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan latihan selulit dan kardiovaskular pada olahraga Anda. Menggabungkan perenggangan dan latihan kekuatan akan membantu mengurangi tampilan selulit pada kaki, lengan, perut dan pantat. Lihatlah, Anda akan pergi ke pantai dan memakai pakaian pendek dan baju tanpa lengan lagi!

Olahraga dan kesehatan