Perawatan Mulut Kering

Perawatan Mulut Keringulut kering disebabkan oleh banyak hal, dan mulut kering dapat menyebabkan bau mulut, bahkan seringnya keduanya adalah gejala yang ditemukan secara bersamaan. Karena penyebab mulut kering ada banyak maka

tidak mengherankan bahwa ada banyak juga cara untuk mengobatinya.

Sayangnya, sebuah review menunjukkan bahwa 7 dari 10 obat resep memiliki efek samping mulut kering, bau mulut atau gangguan rasa.

Jika mulut kering Anda berhubungan dengan obat yang Anda konsumsi, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang kemungkinan mengganti atau menghentikan obat. Namun karena Anda memiliki efek samping dari mulut kering tidak berarti bahwa obat untuk mengobati penyakit yang sama juga akan menyebabkan mulut kering. Jadi, misalnya meskipun obat A dapat menyebabkan mulut kering tidak berarti bahwa obat B juga akan begitu.

Salah satu cara terbaik untuk mengobati mulut kering adalah mencari sumber masalahnya. Bisa jadi karena obat yang Anda konsumsi, atau karena sebuah masalah medis (seperti diabetes atau arthritis) atau infeksi tingkat rendah pada mulut. Kadang-kadang penyebab pasti mulut kering tidak jelas dan Anda akan dipaksa untuk mengobati gejala, bukannya penyebab yang mendasari bau mulut ini.

Seperti disebutkan sebelumnya, jika mulut kering disebabkan karena obat maka perawatannya yaitu mengubah, mengurangi atau menghentikan obat. Anda harus mempertimbangkan risiko vs manfaat obat. Mulut kering selain tidak nyaman juga dapat menyebabkan beberapa masalah gigi. Jika obat yang Anda konsumsi adalah untuk heartburn (rasa panas di perut atau dada) atau Gastroesophageal Reflux (Refluks Lambung-Kerongkongan), maka efek samping jangka panjangnya adalah pengikisan di kerongkongan yang mengakibatkan perdarahan atau kanker. Skenario kasus terbaik untuk ini adalah Anda harus mengobati kondisi penyebabnya sehingga Anda tidak menderita efek samping jangka panjang juga mulut kering.

Dalam hal penyakit seperti Diabetes, setelah penyakit ini bisa dikontrol maka kondisi mulut kering mungkin sembuh. Dalam hal penyakit seperti arthritis, mustahil untuk menentukan mengapa Anda memiliki efek samping dari mulut kering, dan Anda harus mengobati baik gejala artritis maupun mulut kering.

Beberapa pasien merasa memiliki apa yang mungkin disebut infeksi tingkat rendah dalam mulut yang menyebabkan bau mulut. Infeksi ini terjadi di lingkungan yang kering, sehingga yang perlu diobati adalah mulut kering. Ada beberapa metode untuk mengobati penyebabnya yaitu bakteri anaerob ini, yang dapat dokter gigi dan Anda diskusikan.

Selalu selidiki kemungkinan penyebab mulut kering dengan dokter Anda untuk menyingkirkan sebab-sebab medis potensial yang dapat memiliki efek yang signifikan jika dibiarkan. Namun jika tidak ada alasan yang ditemukan, maka pengobatan mulut kering ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Tetap sering minum. Penting untuk minum ketika makan untuk membantu dalam mengunyah dan menelan jika Anda kekurangan air liur.

2. Gunakan humidifier (alat penjaga kelembaban) di kamar Anda di malam hari. Kita menghabiskan setidaknya enam jam setiap malam di kamar tidur, sering tidur dengan posisi mulut terbuka lebar. Tanpa kelembaban ekstra, mulut kita akan kering dengan cepat.

3. Hindari konsumsi apapun yang mengandung kafein atau alkohol. Kedua obat ini akan mengurangi aliran air liur dan mengeringkan tubuh Anda bahkan lebih. Berhenti merokok, merokok adalah iritan mulut lainnya.

4. Anda dapat menggunakan pengoles atau pelembab bibir untuk meminimalkan iritasi yang mungkin dialami bibir Anda.

5. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merangsang aliran air liur lebih, seperti makan makanan yang Anda harus kunyah seluruhnya; mengunyah permen karet, mengisap biji zaitun atau kulit lemon atau jeruk nipis.


Tanpa pengobatan mulut kering, Anda berisiko meningkatkan risiko kerusakan gigi. Air liur dalam mulut Anda tidak hanya membantu memudahkan Anda untuk mengunyah dan menelan, namun juga merupakan pembersih mulut alami. Tanpa air liur Anda memiliki risiko tinggi untuk kerusakan gigi dan penyakit gusi. Anda harus menerapkan kebersihan mulut yang baik, yang meliputi: menyikat gigi minimal dua kali sehari, I setiap hari, menggunakan pasta gigi berfluoride, dan TIDAK menggunakan obat kumur mengandung alkohol. Alkohol akan mengeringkan mulut Anda bahkan lebih.

Anda pikir obat kumur Anda bebas alkohol? Bacalah kemasannya. Kecuali mereka secara khusus mengiklankan bebas alkohol, maka tidak semua obat kumur bebas alkohol!

Pengobatan mulut kering mungkin mencakup penggunaan produk saliva buatan yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Beberapa obat bebas yang tersedia dalam bentuk semprotan atau obat kumur. Ada juga pasta gigi dan gel pelembab yang khusus dirancang untuk masalah mulut kering ini.