Penyebab Utama Gigi Sensitif

Penyebab Utama Gigi Sensitifernahkah Anda melihat iklan pasta gigi sensitif ? Pasta gigi tersebut dibuat untuk orang yang merasa nyeri di gigi mereka ketika melakukan kegiatan normal makan dan minum. Jika Anda berpikiran bahwa gigi Anda mungkin sensitif,

teruskan membaca artikel ini.

Anatomi Gigi

Kita sering lupa tentang gigi karena gigi memang cuma terhampar di bagian depan mulut kita. Apa yang tidak kita sadari adalah betapa gigi telah bekerja begitu keras. Mereka adalah instrumen dalam membentuk kata ketika kita bicara dan juga dalam mengunyah makanan. Kita jarang memperhatikan mereka sampai sesuatu terjadi, seperti berubahnya gigi menjadi sensitif.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang gigi. Gigi terdiri dari tiga lapisan: enamel, dentin dan pulp. Lapisan terluar gigi adalah enamel. Lapisan pelindung gigi ini tipis tetapi keras. Sekali saja enamel hilang dari gigi, tidak akan bisa dikembalikan lagi. Jika enamel terhapus, bagian dalam gigi akan rentan terserang bakteri dan bisa terjadi pembusukan gigi.

Dentin adalah lapisan dalam. Biasanya berwarna kekuningan tapi bisa coklat atau bahkan gelap. Lapisan ini berisi sistem tubular yang mengarah ke bagian dalam pulp. Pulp adalah tempat dimana ujung syaraf gigi berada. Orang yang memiliki gigi sensitif merasakan nyeri dalam ujung syaraf ini.

Sensitivitas di dalam gigi

Rasa nyeri terjadi karena syaraf ini tersentuh. Bagaimana hal-hal tertentu mempengaruhi gigi dan menimbulkan masalah ? Berikut ini beberapa penyebabnya:

Teknik Menyikat

Sikat gigi dibuat dalam tiga macam yaitu soft, medium dan hard. Demi gigi Anda, gunakan sikat berbulu lembut (soft). Jika dikombinasikan dengan teknik menyikat gigi yang ringan akan mencegah kerusakan gusi dan enamel yang menutupi gigi. Menyikat terlalu keras juga dapat mengakibatkan gusi menjadi rusak dan terkikis. Bagian gigi yang tertutup gusi tidak dilapisi dengan enamel dan bisa mengundang terjadinya masalah sensitivitas.

Gingivitis

Ini adalah peradangan gusi sebagai akibat dari gigi yang rusak, kehamilan, plak dan bakteri lainnya. Jika gusi terkikis (seperti di atas), syaraflah yang terkena.

Kerusakan gigi

Ini memungkinkan bakteri untuk memasuki gigi dan membuat gigi menjadi busuk. Pembusukan ini juga dapat mempengaruhi gusi. Ketika gigi terkikis, syaraf menjadi terbuka dan dapat menyebabkan nyeri saat makan, minum atau ketika dalam cuaca yang dingin.

Plak

Plak adalah kerak berwarna kekuningan di bagian bawah gigi dekat garis gusi yang disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal saat makan dan setelah menyikat gigi. Plak juga bisa membuat gusi terkikis.

Gigi menggeretak

Gigi yang menggeretak saat tidur dapat menyebabkan erosi pada enamel, lapisan terluar yang melindungi gigi. Bila ini terjadi, dentin yang sensitif akan terbuka tanpa pelindung.

Apakah gigi Anda terasa lebih nyeri daripada dulu ? Jika merasa terganggu, periksakan ke dokter gigi untuk melihat apa yang dapat Anda lakukan terhadap gigi yang sensitif.