Tentang kesehatan

Penyebab Sakit Gigi

sakit mulutKetika mengalami sakit gigi, banyak sekali hal-hal yang dapat menjadi penyebabnya. Sakit gigi dapat terjadi sewaktu-waktu dan Anda tidak akan menyadarinya sebelumnya. Rasa sakitnya bisa tak tertahankan dan Anda akan melakukan apapun yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit itu. Ketika sakit gigi datang untuk pertama kalinya, kebanyakan dari kita bertanya-tanya apakah yang menyebabkan ini terjadi.



Beberapa penyebab utama dari sakit gigi adalah pembusukan gigi, gigi yang patah dan gigi berlubang. Gigi retak juga dapat menjadi penyebabnya, namun hal ini sangat sulit untuk didiagnosa, karena retakannya sulit terlihat secara kasat mata dan x-rays. Retakan pada gigi dapat membuat gigi Anda terasa seolah-olah meledak, membuat dentin dan saraf gigi Anda terasa terbuka dan dapat terkena zat apapun yang Anda masukkan kedalam mulut Anda. Jika Anda tidak segera merawatnya, gigi Anda akan semakin memburuk keadaannya, bahkan dapat membuat gigi Anda patah sampai batas gusi.

Iritasi pulpa juga penyebab lain dari sakit gigi yang biasa terjadi setelah perawatan gigi. Tidak peduli seberapa baiknya tambalan atau mahkota jaket Anda bahan yang digunakan didalamnya dapat saja menyebabkan rasa sakit setelah Anda tiba dirumah. Tidak ada yang dapat Anda lakukan, karena memang terkadang mahkota jaket Anda dapat saja lepas dengan sendirinya atau tambalan gigi Anda juga terkadang lepas. Jika hal ini terjadi, maka apa yang dapat Anda lakukan adalah kembali ke dokter gigi untuk membetulkannya.

Jika Anda memiliki akar atau saraf gigi yang terpapar/terekspos, bisa saja ini menjadi penyebab dari sakit gigi Anda. Ini normal terjadi akibat dari menyikat gigi terlalu keras, sehingga terjadi resesi gusi dan membuat akar gigi menjadi terlihat/terekspos. Udara atau cairan yang Anda minum dapat memicu sakit gigi. Untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi, berhati-hatilah dalam menyikat gigi dan jangan pernah berpikir untuk menarik gusi Anda agar gigi dapat lebih mudah dibersihkan.

Jika Anda menggunakan produk dari tembakau, Anda akan lebih sering mengalami sakit gigi secara rutin. Mengunyah tembakau adalah kebiasaan yang memicu timbulnya sakit gigi, seperti seolah-olah tembakau memakan gigi Anda hingga tak bersisa. Tidak perlu waktu lama untuk terjadinya hal tersebut, terutama jika Anda telah lama melakukan kebiasaan ini. Merokok juga dapat memicu sakit gigi, karena asapnya buruk bagi gigi Anda dan merusaknya sedikit-sedikit.

Meskipun banyak hal dapat menyebabkan sakit gigi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan dan mencegah sakit gigi. Anda sebaiknya rutin menyikat gigi setiap hari dan rutin pergi ke dokter gigi Anda untuk cek up. Jika Anda merasa sakit gigi, pergilah selalu ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Dokter gigi mungkin dapat menyelamatkan gigi Anda lebih dini, yang nantinya akan menyelamatkannya dari tindakan pencabutan dan akan banyak menghemat uang Anda dan juga menyelamatkan Anda dari sakit yang berkepanjangan.

Olahraga dan kesehatan