Mencegah Noda Gigi

Mencegah Noda Gigiagaimana senyum Anda pagi ini ? Jika seluruh iklan dipercaya, gigi Anda lebih buruk daripada yang seharusnya. Jika Anda ingin mengurangi jumlah noda di gigi, kami mempunya beberapa tips untuk dicoba.

Umumnya gigi terlihat putih bersih dari jarak jauh. Bahkan dari jarak dekat, gigi terlihat putih. Orang yang melihat noda di gigi adalah dirinya sendiri. Fakta mengatakan, umumnya gigi warnanya agak kekuningan. Lapisan terluar gigi disebut email gigi. Lapisan ini melindungi

bawahnya yang disebut dentin, umumnya berwarna kekuningan bahkan kuning tua.

Bagian dalam gigi dapat menyebabkan warna kekuningan di gigi Anda, ini yang disebut noda intrinsik, yaitu noda yang datang dari dalam gigi. Noda lain dapat masuk di sela-sela  gigi jika ada lobang, patahan dan pelapukan gigi yang terjadi. Penyebab lain noda intrinsik yakni proses penuaan. Semakin tua tubuh kita, semakin tua pula gigi kita. Lapisan email gigi menjadi tipis dan dentin samar-samar terlihat dari luar. Juga jika mengonsumsi obat tertentu dapat menyebabkan noda intrinsik. Antibiotik umumnya menyebabkan ini.

Noda Gigi Eksternal

Apakah yang dapat menodai email gigi? Pertama, tembakau. Rokok dapat meninggalkan noda kecoklatan di gigi yang berasal dari zat kimia didalamnya. Rokok juga mengubah warna bibir. Jus dan minuman anggur, khususnya dari buah anggur, dapat meninggalkan noda di gigi. Minum jus anggur, jus cranberry, minuman anggur merah  dan bahkan kopi dapat memberi warna  kuning  pada gigi dalam waktu panjang.

Mencegah Gigi Bernoda

Anda dapat mencegah gigi bernoda, dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Berhentilah merokok. Hal ini bisa memakan waktu lama karena berhenti merokok tidaklah mudah. Namun rokok dapat menyebabkan gigi kuning dan juga berbahaya bagi kesehatan tubuh pada umumnya.
  • Minum minuman yang menyebabkan noda gigi lewat sedotan. Agak aneh memang untuk minum anggur merah dengan menggunakan sedotan, namun anda dapat mengurangi minuman anggur merah atau ganti jadi minuman anggur putih. Jika minum lewat sedotan, maka zat yang menyebabkan gigi kuning tidak lagi bersentuhan dengan gigi.
  • Sikat gigi teratur. Setiap hari sikatlah gigi dan pergunakan benang gigi untuk membersihkan sela-selanya. Benang gigi dapat mencegah bertumpuknya plak di dasar gigi. Noda plak bahkan lebih terlihat daripada noda email.
  • Pergunakan obat penghilang noda. Obat dapat berbentuk pasta gigi yang dapat menghilangkan noda. Hati-hati dalam memilih pasta gigi tersebut, karena zat penghilang noda bisa juga membuat lapisan email menipis.

Apakah gigi Anda tidak tampil maksimal ? Gunakanlah tips diatas untuk mencapai gigi putih yang Anda idam-idamkan.