Tentang kesehatan

Gigi Menggeretak

Gigi Menggeretakatu hal yang sering diabaikan tentang kesehatan kita adalah gigi. Kesehatan gigi sangat penting dan juga dapat menjadi indikator kesehatan di bagian lain tubuh kita. Gigi menggeretak memang tidak membahayakan jiwa namun

dapat mempengaruhi kesehatan gigi.

Apakah  yang dimaksud dengan gigi menggeretak ?

Istilah yang di kenal dalam dunia kesehatan adalah bruxism. Gigi menggeretak biasanya terjadi pada malam hari. Ketika seseorang menggeretakkan gigi bersama-sama atau menggerakkan gigi bolak-balik dari atas ke bawah, inilah yang dinamakan menggeretak. Hal ini dapat menimbulkan suara yang sangat mengganggu pasangan atau teman sekamar di malam hari.

Bagaimana cara mengetahui apakah apakah anda menggeretakkan gigi  saat tidur  atau tidak ?

Karena hal ini, anda mungkin merasa sakit pada rahang saat bangun tidur. Rasa sakit ini muncul karena adanya tekanan saat Anda menggeretakkan gigi dan juga karena seringnya gigi bergesekan satu dengan yang lain. Rasa nyeri di rahang ini dapat menjalar ke TMJ (Teporomandibular joint/persendian temporomandibular) atau bahkan berakibat gangguan pada pendengaran.

Salah satu keluhan umum adalah rasa sakit pada kepala. Terbangun dengan sakit kepala tidaklah menyenangkan, lalu Anda akan berpendapat bahwa sakit kepala itu disebabkan oleh hal lain. Tapi, bila dikombinasikan dengan rahang yang sakit dan masalah yang terjadi pada gigi dan gusi, pasti bruxism yang lebih mungkin menjadi penyebabnya.

Jenis gemeretak seperi ini berakibat buruk bagi gigi serta dapat menggerogoti gigi dan menyebabkan gigi terkena berbagai masalah, seperti contohnya adalah terkikisnya gigi. Ketika gigi terkikis, bagian dalam gigi menjadi terbuka, dan dapat terserang bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

Gigi juga bisa terkikis sampai ke inti gigi. Gigi tumbuh dari gusi sampai ukuran panjang tertentu dan  saling bersentuhan ketika kita mengunyah dan berbicara. Gigi yang terkikis akan  menjadi pendek  dan memerlukan prosedur penanganan gigi khusus untuk memperbaikinya. dan selanjutnya kanal akar gigi, implan, mahkota dan bahkan pencabutan gigi pada akhirnya mengarah pada pemasangan gigi palsu, pelat atau jembatan.

Mari kita bahas secara singkat tentang TMJ ini. TMI adalah sendi yang melekatkan rahang ke tengkorak, yang akan bergerak secara otomatis  ketika Anda berbicara atau mengunyah. Pada malam hari ketika Anda menggeretakkan gigi Anda, persendian ini akan mengalami  terlalu banyak pergerakan  yang mengakibatkan stres dan  rasa nyeri. Rasa sakit mungkin akan muncul pada keesokan hari ketika Anda berbicara.

Karena timbulnya perubahan pada gigi yang terkikis  sehingga permukaannya menjadi tidak rata,  dan akan berakibat gangguan pada saat mengunyah sehingga membuat  nafsu makan terganggu. Dan itu akan menjadi masalah bagi mereka yang  memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur. Jika hal itu terjadi pada gigi sensitif maka dapat menyebabkan Anda harus makan pada satu sisi atau sisi lainnya saja. Hal ini juga akan berpengaruh pada  jenis makanan yang dapat Anda makan. Hilangnya nafsu makan bisa menjadi masalah yang serius , karena berkaitan dengan gizi.

Gigi menggeretak adalah kondisi yang tidak disengaja dilakukan oleh banyak orang, dan  kebanyakan  terjadi pada malam hari. Ini dapat disebabkan karena stres. Meskipun kondisi ini tidak mengancam jiwa, tetapi dapat menyebabkan masalah karena memberikan rasa yang tidak nyaman pada kepala dan leher. Jika Anda merasakan gejala-gejala bruxism pada diri Anda, segeralah berkonsultasi  dengan dokter gigi Anda .