Gigi Bengkak dan Bernanah

Gigi bengkak dan bernanah berarti menunjuk pada infeksi yang disebabkan oleh gumpalan nanah yang terletak didalam jaringan sekitar gigi. Pembengkakan dan nanah akan menyebabkan masalah serius jika tidak segera diobati. Ketika jaringan gigi mati atau hancur membusuk, maka bakteri akan tumbuh dari dalam jaringan mati yang tertinggal dan akan menjadi nanah dan mengakibatkan pembengkakan.

Penyakit gusi juga bisa disebabkan oleh gigi bengkak dan bernanah. Penyakit gusi menyebabkan gusi menjadi tidak menempel pada gigi, sehingga meninggalkan rongga. Saat salah satu rongga tersebut tertutup, bakteri akan tumbuh dengan subur dan menyebar. Ketika ini terjadi, maka akan tercipta nanah dibawah permukaan gusi sehingga membuat semakin bengkak serta menyebar.

Saat infeksi terjadi dan menyebar, tulang rahang akan merenggang karena memberi ruang pada pembengkakan di daerah yang terinfeksi. Saat rahang mulai merenggang, tekanan akan berkurang, tapi infeksi masih tetap tinggal disitu. Walau Anda seperti sudah merasa sembuh, namun infeksi tetap bertambah buruk dan rasa sakit akan selalu datang. Saat tulang mulai bergeser lagi maka tidak akan ada lagi yang menyangga gigi, ini berarti gigi akan tanggal atau perlu dicabut.

Gejala-gejala dari gigi bengkak dan bernanah sangat mudah dideteksi, gejalanya yaitu rasa sakit di daerah yang terinfeksi, gusi yang merah ataupun bengkak, rasa tidak enak di mulut, rahang bengkak serta kemungkinan demam tinggi. Rasa sakit yang luar biasa selalu menyertai gigi bengkak bernanah. Apapun yang Anda lakukan, rasa sakit tersebut akan tetap menyiksa.

Gigi bengkak bernanah seringkali terjadi pada gigi geraham belakang, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada gigi depan juga. Saat gigi sudah bengkak dan bernanah, dokter gigi tidak akan serta-merta mencabutnya. Jika sebuah gigi yang sakit sudah dicabut tapi infeksi masih ada, maka ini akan cepat menyebar. Untuk mencegahnya maka dokter gigi akan memberi Anda antibiotik yang akan membunuh bakterinya.

Dokter gigi juga akan memeriksa akar gigi untuk menghilangkan jaringan yang mati atau hancur. Upaya pencegahan terakhir adalah membuat sebuah lubang di gigi untuk menghilangkan infeksi dan berusaha menghilangkan jaringan yang mati. Pengobatan yang dilakukan untuk gigi bengkak dan bernanah adalah dengan antibiotik untuk melenyapkan infeksinya dan kemudian mencabut gigi yg sakit. Anda tidak seharusnya membiarkan ini terjadi karena gigi yang bengkak dan bernanah bisa membuat tulang rahang Anda hancur.