Cara-Cara Memutihkan Gigi

Cara-Cara Memutihkan Gigiernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana bintang film di televisi punya gigi yang putih bersih dan berkilau di malam hari ? Kami akan beritahukan rahasianya. Bintang film tersebut  menggunakan pemutih gigi, dan Anda pun

sekarang dapat memiliki gigi lebih putih seperti mereka. Mari kita lanjutkan pembahasan ini.

Gigi umumnya tidak seputih yang diharapkan. Salah satu alasan adalah karena dentin atau lapisan tengah di gigi. Umumnya dentin berwarna kuning, dan ini bisa diterawang lewat email gigi, khususnya jika email itu tipis.

Antibiotik dan bahkan implan gigi dapat mengubah warna gigi Anda. Tambalan gigi juga dapat luntur ke gigi dan membuat warnanya tidak lagi putih terang.

Seringkali, penyebab gigi kuning adalah dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jika terlalu lama, makanan dan minuman dapat menodai lapisan email. Anda tidak akan bermulut merah setelah minum red wine seumur hidup, tapi gigi Anda tidak akan lebih bersih juga.

Berikut ini beberapa cara untuk memutihkan gigi. Anda dapat melakukan sendiri, dengan  menggunakan kit yang dijual bebas

Metode Rumahan

  • Peroksida - menggunakan peroksida dapat memutihkan gigi. Namun harap berhati hati, peroksida tidak boleh tertelan. Peroksida digunakan untuk berkumur dan melawan infeksi mulut, dan dapat digunakan juga  ketika gigi tanggal. Jangan gunakan peroksida murni, tetapi campurkan air untuk menurunkan konsentrasinya.

Metode Apotek

  • Alat pemutih gigi - alat ini mengandung gel yang dapat dipakai sepanjang malam atau beberapa jam sehari. Perlu waktu kira-kira seminggu untuk melihat hasilnya, tergantung dari konsentrasi peroksida yang terdapat  di dalam  gel.
  • Strip pemutih gigi - strip diproduksi oleh beberapa produsen. Strip dapat diletakkan di gigi dan dapat digunakan sepanjang hari atau malam. Strip lebih menempel ke gigi, namun hasilnya bisa bervariasi.
  • Pasta gigi pemutih - semua pasta gigi mengklaim bisa memutihkan gigi dan semuanya mengandung peroksida. Pasta gigi memutihkan dengan menghilangkan noda di gigi. Jika anda memiliki email gigi yang tipis, hasilnya bisa berbeda dari yang diharapkan. Walau noda telah hilang, dentin tetap dapat diterawang. Di dalamnya ada juga bahan-bahan yang dapat menipiskan email gigi dan menciptakan masalah baru bagi pemakainya yakni gigi sensitif.

Metode Dokter Gigi

  • Bleaching - ini adalah salah satu cara yang hasilnya instan. Tidak murah namun lebih banyak keuntungannya. Dokter gigi tahu cara menangani gigi berdasarkan kesehatan mulut Anda. Prosedur ini dapat memakan waktu satu jam dan hasilnya dapat dinikmati selama beberapa bulan.

Bahan Pertimbangan

Sebelum Anda memutuskan untuk memutihkan gigi, ada beberapa fakta untuk dipertimbangkan dengan baik. Produk-produk pemutih gigi hanya berfungsi pada gigi asli. Tidak dijamin akan berhasil pada gigi palsu maupun gigi yang sudah mengalami perbaikan.

Apakah Anda ingin memiliki gigi yang putih bersih ? Anda dapat lakukan sendiri, cobalah untuk memperoleh produknya  di apotek terdekat, atau pergunakan layanan dari dokter gigi Anda.