Tahapan Meditasi Yoga

Tahapan Meditasi YogaPara murid yang mempelajari Yoga melakukan meditasi untuk memperluas kesadaran dan kewaspadaan, baik secara eksternal maupun internal diri mereka. Tahapan meditasi Yoga memandu Anda dalam memberikan pandangan yang lebih luas mengenai aspirasi personal Anda , memberi visi yang lebih jelas, serta memberi pengertian yang lebih mendalam akan lingkungan di sekitar Anda.

Ketika Anda berpikir mengenai tahapan meditasi Yoga, apakah Anda berpikir ada guru atau biksu yang memimpin kelompok selama proses meditasi berlangsung?*

Atau mungkin duduk dalam posisi yang tidak nyaman selama berjam-jam di atas lantai dengan kedua kaki yang tak bergerak pada posisi stagnan seperti itu? Apakah ini membuat Anda menjadi bingung?

Walaupun prosesnya sendiri sangat sederhana, dalam prakteknya meditasi Yoga membutuhkan konsentrasi dan hasrat yang kuat. Terdapat berbagai macam jenis tahapan meditasi Yoga, namun kesemuanya memiliki tujuan yang sama, layaknya cabang-cabang pohon yang keluar dari satu batang utama.

Ketika Anda menghadiri kelas Yoga, Anda akan dipandu menjalani meditasi dalam berbagai cara namun Anda akan mengembangkan sendiri cara Anda di kemudian hari. Teknik meditasi favorit Anda akan menjadi indikator dan membantu Anda menemukan tahap meditasi Yoga yang paling mudah dan tanpa kesulitan berarti.

Selama menjalani praktek posisi meditasi Yoga, para murid harus duduk dengan tegak. Hal ini berarti para murid yang memiliki postur tubuh dan otot punggung yang baik dapat melakukannya di atas lantai, namun murid lainnya mungkin harus membutuhkan kursi tegak dengan penopang di bagian pinggang. Posisi lainnya dapat berupa peserta berbaring di lantai menghadap ke arah kursi. Angkat kedua kaki di atas dudukan kursi sehingga pinggul dan lutut membentuk sudut 90 derajat.

Tubuh memiliki dua sistem syaraf, yaitu sistem sympathetic dan parasympathetic. Sistem sympathetic menyebabkan respon tubuh menjadi cepat, sedangkan sistem parasympathetic memperlambat nafas dan menurunkan tekanan darah. Kesadaran dalam pernapasan biasanya merupakan metode pelajaran awal yang diajarkan pada murid-murid baru. Selama awal meditasi Yoga, Anda akan mengobservasi pernapasan Anda tanpa tenaga dan tidak perlu penilaian. Jangan mengubah cara Anda dalam bernapas, hanya rasakanlah pernapasan tersebut. Singkirkan segala gangguan yang dapat mengacaukan konsentrasi Anda.

Tujuannya yaitu untuk menenangkan pikiran dengan berkonsentrasi pada pernapasan. Tahap berikutnya yaitu merubah pola pernapasan untuk membuat napas menjadi lebih lambat dan dalam. Hal ini dapat berfungsi untuk menenangkan pikiran. Berada dalam kondisi fisik yang baik akan mempengaruhi mood dan produktivitas. Otot-otot dan persendian yang bertambah kuat akan menurunkan tekanan darah dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Tahapan meditasi Yoga sangat sederhana namun membutuhkan konsentrasi dan hasrat terhadap apa yang ingin dicapai. Dengan sedikit waktu dan usaha, Anda akan dapat mengendalikan pernapasan dan meningkatkan kualitas kesehatan Anda.