Tentang kesehatan

Sudahkah Anda Mencoba Yoga untuk Menurunkan Berat Badan?

Sudahkah Anda Mencoba Yoga untuk Menurunkan Berat Badan?etika berpikir tentang latihan apa yang dapat membantu Anda dalam program penurunan berat badan, Anda mungkin akan langsung ingat terhadap latihan-latihan senam jantung sehat. Intensitas tinggi dalam berlatih senam jantung bukanlah satu-satunya metode untuk menurunkan berat badan.

Yoga adalah salah satu cara yang harus Anda pertimbangkan. Banyak orang berpikir bahwa

yoga terlalu lamban dan tidak akan membantu. Benarkah demikian?

Sebenarnya yoga selain dapat membantu Anda menurunkan berat badan, juga memiliki segudang manfaat lain. Terdapat bermacam-macam tipe latihan yoga dan beberapa di antaranya cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Yoga pun akan bekerja dengan sangat baik jika dikombinasikan dengan latihan lainnya untuk mempercepat proses penurunan berat badan dan membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Ada beberapa tipe yoga yang memiliki gerakan seperti pada senam aerobik dan mempunyai efek yang cukup baik pada kerja jantung Anda. Dengan tipe yoga ini dijamin Anda akan berkeringat dan meningkatkan kinerja jantung serta oksigen yang dihirup masuk ke tubuh. Tipe yoga ini tentu saja tetap memiliki gerakan-gerakan khas yoga namun dilakukan dengan lebih cepat.

Tipe yoga yang seperti itu disebut Power Yoga atau Hot Yoga. Power Yoga biasanya dilakukan di dalam ruangan yang memiliki suhu yang lebih tinggi dari suhu normal sehingga Anda akan lebih berkeringat lagi. Walaupun peran dari kelebihan panas tersebut dalam menurunkan berat badan masih sering diperdebatkan kebenarannya, namun latihan ini sendiri tentu saja bekerja cukup baik untuk menurunkan berat badan.

Vinyasa Yoga, atau dikenal juga sebagai Flow Yoga, merupakan salah satu tipe yoga terbaik untuk membantu penurunan berat badan. Terdapat beberapa jenis yoga yang juga termasuk kelompok Vinyasa. Contohnya, Power Yoga sebenarnya merupakan Vinyasa Yoga yang diaplikasikan di dalam ruangan yang bersuhu tinggi.

Salah satu latihan Vinyasa Yoga yang paling popular adalah Ashtanga Yoga. Ashtanga Yoga masih menggunakan gerakan-gerakan yoga pada umumnya dan dilakukan dengan gerakan lambat namun juga dikombinasikan dengan beberapa gerakan atletis.

Perbedaan utama antara yoga cepat dan yoga lambat adalah pada kecepatan pergerakan antara posisi satu dengan yang lain. Pada yoga cepat, satu posisi dilakukan secara lebih cepat untuk kemudian diganti dengan posisi berikutnya. Seseorang yang melakukannya akan bergerak lebih cepat antara posisi gerakan satu dengan yang lain. Pergerakan antar posisi dilakukan dengan lebih atletis. Berbeda dengan gerakan regular yoga yang harus bergerak lambat antar posisi dan menahan posisi tersebut selama beberapa detik lagi.

Anda tidak boleh melakukan Power Yoga jika Anda masih baru mengenal dan melakukan yoga. Memulainya terlebih dahulu dengan yoga kelas regular masih bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Yoga juga dapat membantu menjaga keseimbangan otot-otot dan membuat tubuh Anda lebih fleksibel.

Jika Anda belum pernah melakukan yoga sebelumnya maka Anda akan mengalami kesulitan untuk percaya bahwa gerakan-gerakan yang dilakukan perlahan ini mampu mengurangi berat badan Anda. Anda boleh saja tidak percaya namun hal ini memang benar berhasil. Ketika Anda mempertahankan suatu posisi pada gerakan yoga, Anda sedang mengembangkan pengendalian terhadap otot dan keseimbangan Anda. Ketika keseimbangan otot dan tubuh tercapai, tubuh akan membakar kalori lebih efisien lagi.

Ketika Anda berlatih yoga, akan sangat membantu jika diselingi juga dengan latihan aerobik lain. Karena tubuh Anda menjadi lebih fleksibel dan otot menjadi lebih kuat dan seimbang, Anda akan menjadi lebih efisien dalam melakukan latihan aerobik.

Akan sangat bermanfaat jika Anda melakukan latihan aerobik dua hingga tiga kali seminggu dan juga dibarengi dengan latihan yoga dengan frekuensi latihan yang sama. Selang beberapa lama, dijamin Anda akan terkejut dengan hasil penurunan berat badan Anda ketika mengombinasikan dua latihan ini.

Olahraga dan kesehatan