Tentang kesehatan

Ambeien (Wasir) Berdarah

Serat

Pendarahan adalah gejala paling serius dari penyakit ambeien (wasir). Kebanyakan dari kita pasti akan kaget dan khawatir jika mendapatkan darah di kertas toilet atau di dalam kloset setelah melakukan buang air besar. Untuk kebanyakan orang, wasir adalah akar dari masalah dan rasa sakit yang

besar. Salah satu masalah paling besar didalam penanganan wasir ketika penderita harus merasakan banyak gejala yang biasanya berkaitan dengan wasir.

Tanda-tanda peringatan yang berhubungan dengan penyakit ini antara lain adalah area yang sensitif jika disentuh,terutama bagi mereka yang bermasalah di bagian luar.Gejala umum dari penyakit wasir adalah rasa sakit, peradangan, rasa panas, gatal dan mungkin yang paling gawat adalah berdarah. Apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gejala-gejala tersebut, terutama pendarahan? Untunglah, ada banyak terapi yang tersedia. Dibawah ini adalah beberapa metode untuk mengurangi penderitaan Anda dari penyakit wasir ini.

Pendarahan, kondisi yang parah ?

Walaupun terlihat sangat menakutkan bagi penderita, namun sebenarnya wasir yang berdarah bukanlah ancaman yang serius. Pendarahan yang tidak disertai dengan rasa sakit merupakan hal biasa bagi penderita wasir.Pada dasarnya, kegiatan buang air besar berhubungan dengan pendarahan. Tinja kemungkinan dapat disertai dengan noda darah.

Namun jika Anda mendapati darah merah segar didalam kloset atau di kertas toilet ini bisa menjadi tanda bahaya. Seringkali anus berdarah bisa disebabkan oleh beberapa penyakit selain penyakit wasir. Dalam beberapa kasus, anus berdarah bisa merupakan tanda peringatan untuk beberapa ancaman kesehatan Anda seperti kanker pada usus atau kanker usus besar. Jadi jika Anda mendapati darah di toilet Anda, adalah sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Hanya dokter yang bisa membuat diagnosa yang tepat.

Bagaimana Meminimalkan Pendarahan?

Saat Anda mendapatkan pendarahan, Anda harus memeriksakan kejadian ini dengan mengunjungi dokter keluarga atau dokter spesialis usus. Saat dokter memvonis bahwa Anda punya penyakit wasir, maka Anda akan segera ditangani, termasuk masalah pendarahan. Untuk mengobati gejala-gejala penyakit wasir khususnya yang berdarah, kebanyakan dokter akan memfokuskan pada pola makan pasien.

Penelitian terakhir tentang wasir mengatakan bahwa campuran makanan yang mengandung serat sangat membantu untuk mengurangi timbulnya penyakit wasir. Penelitian mengungkapkan bahwa menambahkan bahan berserat seperti psyllium atau makanan kaya serat lainnya dan suplemen kedalam makanan Anda dapat meningkatkan penyembuhan dari wasir berdarah secara signifikan.

Psyllium adalah bahan yang bisa menambahkan massa kedalam tinja, membuatnya lebih lunak dan lebih halus saat melewati lubang anus. Agar mendapatkan hasil secara signifikan dalam mengurangi pendarahan wasir, kapsul serat dan suplemen serat lainnya bisa dikonsumsi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Saat serat ditambahkan ke dalam makanan, adalah penting bagi pasien untuk mengonsumsi air yang cukup.

Beberapa pasien mungkin perlu mengonsumsi makanan berserat untuk mencegah wasir berdarah. Dalam situasi ini, makanan kaya serat seperti sayuran segar dan buah-buahan akan disarankan oleh dokter Anda.