Tentang kesehatan

Vitamin K

BayamVitamin K sangat penting agar darah bisa menggumpal untuk mengobati luka. Ketika seseorang terluka dan berdarah, adalah vitamin K yang menghentikan pendarahan dan membuat luka tergores kecil sembuh dengan cepat.


Vitamin K ada tiga jenis. Yang pertama adalah K1, dikenal sebagai Phylloquinone. Jenis vitamin K ini dapat ditemukan pada makanan yang ditanam (tumbuhan). Jenis vitamin K yang kedua adalah vitamin K2 atau menaquinone. Vitamin K jenis ini dibentuk dari bakteri yang bersahabat di dalam usus. Jenis yang ketiga adalah vitamin K3 atau menadione dan adalah bentuk buatan dari Vitamin K. Semua jenis vitamin K ini bersemayam didalam hati untuk membentuk enzim penggumpal darah.

Sumber alami terbaik vitamin K adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam. Dikarenakan oleh bakteri bersahabat didalam usus yang menghasilkan salah satu bentuk vitamin K maka sangatlah jarang ditemukan seseorang yang kekurangan vitamin K. Dan oleh karenanya suplemen yang mengandung vitamin K tidak begitu diperlukan oleh mayoritas dari kita.

Terpisah dari fungsi utama yaitu membantu darah untuk menggumpal, vitamin K, khususnya K1 mempunyai fungsi yang penting dalam proses membentuk tulang. Vitamin K diperlukan untuk menyimpan kalsium didalam tulang dan mendistribusikan ke bagian yang memerlukan.

Walaupun kekurangan vitamin K sangat jarang ditemukan namun ada beberapa yang mengalaminya. Bayi yang baru lahir tidak mempunyai vitamin K yang cukup karena jumlah bakteri di dalam ususnya tidak mencukupi untuk memproduksi vitamin K. Karenanya, sebagian besar bayi di negara maju mendapatkan suntikan vitamin K yang mereka butuhkan sampai proses pembentukan vitamin K yang alami terjadi di dalam tubuh mereka. Ini adalah satu-satunya periode dalam hidup dimana seseorang akan kekurangan vitamin K. Namun demikian, pemakaian antibiotik yang berkepanjangan dapat menyebabkan kekurangan vitamin K karena antibiotik membunuh semua bakteri termasuk bakteri-bakteri di dalam usus. Lagi-lagi, tambahan vitamin K dapat diberikan jika pemberian antibiotik harus dilakukan dalam waktu yang lama.

Olahraga dan kesehatan