Vitamin E dan Tubuh kita

Vitamin E dan Tubuh kitaKita semua tahu bahwa oksigen adalah komponen penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup kita. Dan oksigen yang sama pula, sekali berada di dalam tubuh, bereaksi dengan molekul-molekul dan memulai kerusakan melalui radikal bebas, yang dikenal dengan stres oksidasi. Sebagai anti oksidan, vitamin E akan membantu mencegah

stres jenis ini, yang akan mencegah penuaan sel ataupun kerusakan permanen.

Kolesterol, yaitu zat lemak yang ditemukan dalam berbagai makanan, diserap oleh tubuh kemudian diteruskan dari liver dan disimpan sebagai lemak. Dibawa melalui aliran darah oleh molekul yang bernama LDL (Low Density Lipoproteins). Saat LDL teroksidasi, LDL akan bereaksi terhadap kolesterol dan lemak kemudian menumpuk di dinding arteri yang disebut sebagai plak, sebagai akibatnya aliran darah dapat terganggu ataupun berhenti.

Vitamin E akan mencegah kolesterol berubah menjadi plak, sehingga darah bisa mengalir dengan lancar. Jika anda tidak mengkonsumsi Vitamin E didalam situasi seperti ini, darah akan berhenti mengalir dan arteri akan tersumbat. Yang mana ini akan menyebabkan serangan jantung, tekanan darah tinggi dan beberapa penyakit serius lainnya. Walaupun banyak peneliti dan dokter yang mengatakan bahwa vitamin E dapat mencegah kanker, tapi ini belumlah dibuktikan secara ilmiah.

Ada sebagian dokter yang menyatakan bahwa vitamin E dapat mencegah kanker, walaupun tidak ada catatan atau bukti yang mendukung pernyataan itu. Walaupun begitu kita semua tahu bahwa vitamin E sangatlah penting. Ada beberapa penelitian yang membuktikan vitamin E sangat efektif melindungi kulit melawan sinar ultra violet. Vitamin E telah menunjukkan dalam beberapa kesempatan bahwa dia melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, yang merupakan pemicu kanker kulit.

Jika Anda memasukkan beberapa sumber vitamin E, ataupun suplemen vitamin E kedalam diet Anda ini akan menolong untuk mencegah kerusakan yang ditimbulkan Sinar Ultra violet terhadap tubuh Anda. Selain keuntungan tersebut diatas, Vitamin E juga melindungi dari penyakit Alzheimer dan radang pankreas. vitamin ini juga berguna untuk menghilangkan bekas luka dan menyembuhkan luka bakar dan luka biasa. Masukkan dalam daftar diet Anda, Vitamin E akan menolong kulit Anda dari penuaan dini.

Bila dikonsumsi dengan vitamin C, Vitamin E akan menjadi elemen paling penting untuk tubuh Anda. Memberi Anda berbagai macam khasiat, selain yang tersebut diatas. Anda dapat menemukan vitamin E dalam berbagai makan, termasuk buah-buahan dan kacang-kacangan. Buah-buahan adalah sumber vitamin E yang bagus, terlebih Jeruk. Jeruk kaya akan kandungan vitamin ini, tak peduli Anda memakan buahnya atau meminum jusnya. Jika Anda meminum jus jeruk yang mengandung bulir jeruknya, anda akan mendapatkan banyak vitamin E. Seperti yang sudah dikatakan, Anda harus yakin bahwa anda telah memasukkan vitamin E didalam diet Anda.

Bersama dengan buah-buahan dan kacang-kacangan, Anda juga akan menemukan vitamin ini banyak terkandung didalam sayuran. Anda dapat memasukkan ini kedalam daftar diet Anda atau meminum suplemen untuk mencukupinya. Anda harus mengonsumsi vitamin E kurang lebih 1,000 mg sehari, yang pasti sulit jika Anda hanya mengandalkan dari makanan saja. Jika Anda cukup meminum vitamin E dalam jumlah yang cukup, Anda akan mendapati badan Anda akan lebih segar bugar dan Anda juga akan terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Olahraga dan kesehatan