Serba-Serbi Vitamin A

Serba-Serbi Vitamin AVitamin A pertama kali ditemukan pada tahun 1912 oleh Ahli biokimia dari Polandia yang bernama Casimir Funk. Dia memberi nama dengan Vitamine, yang kemudian terkenal dengan nama Vitamin. Funk adalah penemu pertama dari vitamin yang kita

kenal sekarang ini, diberi nama dengan huruf "A" karena vitamin A adalah vitamin pertama yang ditemukan.

Anda dapat menemukan vitamin A di makanan alami, seperti buah yang berwarna kuning dan berwarna orange. Vitamin A juga bisa ditemukan di sayuran, seperti bayam. Vitamin A yang terdapat di sayuran dapat larut dengan air, dan masih dalam bentuk beta caroten. Kemudian Beta karoten diolah oleh tubuh sehingga menghasilkan vitamin A.

Vitamin A diperlukan oleh tubuh setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dan juga kesehatan mata. Banyak yang mengatakan bahwa wortel menyediakan banyak vitamin A yang diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit rabun ayam. Kenyataannya adalah, ilmuwan mesir kuno pada saat itu menuliskan bahwa hati, yang menurut mereka mengandung cukup vitamin A untuk melawan rabun ayam. Vitamin A juga dikenal sebagai anti oksidan, yang sangat bagus untuk mencegah kanker dan penuaan dini. Selain khasiat-khasiat diatas, Vitamin A juga membantu daya tahan tubuh.

Untuk mendapat cukup pasokan vitamin A, Anda perlu untuk mengonsumsi lemak. Untuk Anda yang diharuskan mengonsumsi sedikit lemak atau sedang melakukan diet, mungkinĀ  tidak dapat pasokan cukup vitamin A dari suplemen yang mungkin Anda sangka. Untuk mendapatkan cukup pasokan vitamin A didalam makanan Anda, Anda perlu mengonsumsi protein yang cukup. Protein membantu vitamin A untuk dapat masuk dan diserap oleh tubuh.

Untuk sehari-hari, Anda harus mengonsumsi kurang lebih 5.000 IU vitamin A. Tergantung dari kondisi kesehatan dan usia Anda, Anda bisa mengonsumsi kurang atau lebih dari itu. Bentuk paling aman dari vitamin A adalah beta karoten, seperti yang telah disebut diatas, karena ini bisa di konsumsi dalam dosis yang besar. Anda bisa mengonsumsi vitamin dalam jumlah yang besar saat masih dalam bentuk beta karoten, berapapun usia Anda.

Jika Anda tidak mengonsumsi cukup vitamin A didalam makanan Anda, maka Anda akan kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin bukanlah hal yang bagus karena akan menyebabkan kulit bermasalah, mudah mendapat infeksi dan mungkin rabun ayam. kekurangan vitamin A dalam jangka waktu yang lama bisa memperbesar risiko Anda untuk menderita kanker, dan Anda akan melewatkan khasiat untuk mencegah penuaan dini yang terkandung dalam vitamin A. Walaupun Anda dapat segera mengonsumsi vitamin A setelah mendapat gejala kekurangan vitamin, namun khasiatnya tidak akan sama dengan jika Anda rutin mengonsumsi vitamin A sehari-hari dalam jumlah yang cukup.

Di sisi lain, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, Anda bisa mendapatkan masalah dengan sendi, perut dan tulang. Kelebihan dan kekurangan vitamin A bisa membuat masalah, jadi Anda harus pintar agar vitamin A yang masuk dalam tubuh selalu dalam jumlah cukup. Vitamin A sangat penting, Anda harus selalu makan makanan yang mengandung vitamin A. Anda dapat mendapatkan ini melalui makanan ataupun suplemen yang mengandung vitamin A. Jika Anda mengonsumsi suplemen Anda harus pastikan bahwa dosisnya tepat dan tidak mengandung efek samping.

Olahraga dan kesehatan