Tentang kesehatan

Panduan Tentang Vitamin D

Panduan Tentang Vitamin DVitamin D adalah satu-satunya vitamin yang tidak terdapat dalam makanan yang kita makan. Vitamin D didapat dari sinar matahari melalui kulit. Banyak pendapat yang mengatakan tentang bahaya jika terlalu banyak berada di bawah paparan sinar matahari tapi kulit juga memerlukan sinar matahari agar dapat mendapatkan vitamin D untuk

mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tapi nyatanya, jumlah waktu yang dihabiskan dibawah paparan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D dengan dosis yang cukup tidak sebanding dengan risiko terkena sinar ultra violet.

Fungsi paling penting dari vitamin D adalah untuk mengontrol berapa banyak kalsium yang diserap melalui makanan. Mayoritas kalsium diperlukan untuk membentuk gigi dan tulang yang kuat, kalsium juga diperlukan untuk mengirim pesan melalui urat syaraf untuk membantu otot, seperti otot jantung untuk berkontraksi. Vitamin D memastikan bahwa ada cukup kalsium didalam darah untuk melakukan tugas-tugas diatas. Fungsi lain yang memerlukan vitamin D adalah sistem kekebalan tubuh dan ini dipercaya sebagai faktor yang berkontribusi untuk mengurangi risiko kanker, khususnya kanker usus besar.

Varian dari vitamin D yang terbentuk di bawah kulit adalah vitamin D3 atau cholecalciferol. Vitamin D jenis ini dibentuk saat ultra violet yang berada di sinar matahari bereaksi dengan salah satu tipe kolesterol alami yang terdapat dibawah kulit. Vitamin D3 diubah menjadi aktif di dalam hati dan ini kemudian disebar ke bagian tubuh yang membutuhkan. Beberapa vitamin D tinggal didalam hati dan ginjal untuk membantu menyerap kembali kalsium dari darah. Sisa dari vitamin D yang lain larut kedalam tulang untuk membantu tulang menyimpan kalsium dan usus untuk membantu usus menyerap kalsium dari makanan.

Walaupun sebagian besar vitamin D dibentuk melalui kulit yang terpapar sinar matahari, ada beberapa makanan yang mengandung jenis vitamin D. Varian vitamin D jenis ini dikenal sebagai vitamin D2 atau ergocalciferol. D2 berfungsi seperti vitamin D jenis yang lain dan sebagian besar suplemen vitamin D menggunakan D2 didalamnya.

Olahraga dan kesehatan