Tentang kesehatan

Mengatasi Kekurangan Vitamin B12 Dengan Suntikan

Apakah sebenarnya Vitamin B12, dan mengapa orang harus memilikinya? Ini adalah nutrisi penting yang ditemukan dalam makanan. Fungsinya untuk menjaga sel-sel syaraf agar tetap sehat dan membantu sel-sel darah merah berfungsi secara optimal dan efisien. Vitamin B12 juga penting untuk pencernaan. Asam lambung mendapatkan B12 dari apa yang kita makan lalu mencampurnya dengan bahan kimia lain sehingga bisa mudah diserap saat asam lambung itu mengalir melalui saluran usus.

Jika Anda kekurangan vitamin B12 Anda bisa merasa pusing, lemah dan lelah. Bisa juga terjadi gejala lain seperti gusi berdarah, lidah luka, diare, sembelit, sesak nafas, telinga berdenging, kebingungan, kesemutan di tangan dan kaki, dada terasa nyeri, masalah pencernaan, pelupa dan ketidakmampuan untuk fokus pada sesuatu. Tak satu pun dari hal-hal tersebut yang menyenangkan, dan merupakan gejala yang cukup serius sehingga Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Meskipun gejalanya banyak, ternyata kekurangan vitamin B12 tidaklah begitu umum. Vitamin ini tersedia dalam berbagai makanan, tetapi sumber utamanya adalah daging merah. Inilah alasannya kenapa vegetarian adalah salah satu kelompok yang memiliki risiko tinggi kekurangan vitamin B12. Oleh karena itu, jika Anda kekurangan vitamin ini, hal itu lebih mungkin disebabkan oleh gangguan pencernaan daripada faktor makanan. Orang yang menderita penyakit celiac, penyakit Crohn, diare kronis dan gangguan  terkait cenderung kekurangan B12 karena mereka tidak dapat menyerap vitamin B12 dengan benar.

Banyak dokter dan ahli diet merekomendasikan suntikan Vitamin B12 kepada pasien yang mencoba untuk menurunkan berat badan, tidak peduli apakah mereka kekurangan vitamin tersebut atau tidak. Hal itu karena vitamin ini berfungsi sebagai penambah energi alami. Suntikan ini diberikan karena turunnya asupan kalori seringkali menyebabkan berkurangnya energi. Karena alasan ini, banyak orang yang percaya bahwa diet yang dirancang untuk orang yang kekurangan vitamin B12 adalah baik bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Banyak fasilitas-fasilitas untuk menurunkan berat badan menggunakan suntikan vitamin B12 sebagai bagian dari layanan mereka.

Para ahli pencernaan, dokter keluarga dan ahli syaraf, juga memperoleh keuntungan dari terapi diet kekurangan vitamin B12. Ketika seseorang mulai mengalami proses penuaan, pola makan mereka cenderung berubah, dan bila dikombinasikan dengan menurunnya fungsi kognitif, tambahan B12 seringkali diperlukan. Beberapa dokter juga memberikan vitamin tersebut kepada pasien yang menderita Alzheimer. Meskipun secara medis tidak dianjurkan, banyak mahasiswa yang menambah asupan vitamin B12 dalam bentuk minuman energi untuk meningkatkan kemampuan agar mereka bisa berkonsentrasi pada studi.

Jika dihubungkan dengan upaya untuk menurunkan berat badan, vitamin B12 memiliki manfaat lain yaitu dapat mengurangi nafsu makan. Itu sangat mudah dipahami kenapa hal itu bisa membantu orang yang sedang diet.

Dengan semua manfaat itu, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak kekurangan nutrisi penting ini. Anda bisa pergi ke dokter dan mendiskusikan keluhan Anda. Mereka mungkin akan menyarankan sebuah tes darah sederhana untuk memeriksa apakah Anda kekurangan vitamin tersebut atau tidak, dan akan merekomendasikan tindakan apa yang perlu dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut.

Olahraga dan kesehatan