Gambaran Umum Tentang Vitamin B5

Vitamin B5Vitamin B5 juga dikenal dengan Asam Pantotenik. Vitamin B5 merupakan jenis vitamin yang paling produktif dan ditemukan pada setiap jenis makanan. Nyatanya, tidak mungkin seseorang kekurangan konsumsi vitamin B5 yang mereka butuhkan, hal ini berarti tidak ada kemungkinan bahwa seseorang dapat mengalami kekurangan vitamin ini. Karena alasan ini, tidak ada rekomendasi jumlah konsumsi harian yang ditetapkan oleh para dokter karena semua orang telah mendapatkannya lebih dari cukup lewat konsumsi normal harian mereka. Bagaimanapun juga, meskipun tidak ada perhitungan jumlah konsumsi harian yang direkomendasikan itu tidak berarti bahwa

vitamin B5 ini tidak penting bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Nyatanya, vitamin B5 ini sangat penting dalam mengubah makanan menjadi energi di antara fungsi-fungsinya yang lain. Vitamin ini bertanggung jawab untuk mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi.

Sebagian vitamin B5 dapat ditemukan hampir di dalam setiap makanan yang berasal dari hewan maupun sayuran. Namun terdapat beberapa  sumber vitamin B5 yang lebih baik daripada sumber lainnya, meskipun demikian diet yang seimbang dapat memberikan kebutuhan akan vitamin ini lebih dari cukup. Makanan yang memiliki kadar vitamin B5 paling tinggi adalah daging, ikan salmon, telur, kacang-kacangan, susu dan biji-bijian. Perlu dicatat bahwa vitamin B5 hilang dan cenderung untuk tidak kembali ketika biji-bijian digiling menjadi tepung. Oleh karena itu, makanan yang terbuat dari biji-bijian yang sudah diproses seperti roti, pasta, nasi, sereal dan makanan yang dipanggang merupakan sumber vitamin B5 yang kurang baik.

Vitamin B5 menjadi paling efektif ketika digabungkan dengan vitamin-vitamin B lainnya terutama B1, riboflavin atau B2,niasin atau B3, piridoksin atau B6 dan biotin. Bersama dengan vitamin-vitamin B lainnya, vitamin B5 merupakan bagian utama dalam banyak proses. Proses yang paling penting dari semuanya adalah produksi energi dari makanan yang dikonsumsi, hal ini dikenal dengan sebutan siklus Kreb. Vitamin B5 juga dibutuhkan untuk melepaskan energi dari lemak.

Hal yang menarik adalah bahwa vitamin B5 juga dianggap membantu mengurangi stres. Hal ini terutama karena nyatanya selama stres berlangsung tubuh menghasilkan hormon tertentu seperti adrenalin dan hal ini membutuhkan vitamin B5. Ada banyak teori mengenai keuntungan dari vitamin B5 namun sebagian besar orang tidak perlu mencari makanan yang kaya vitamin B5 karena mereka sebenarnya telah mengonsumsi vitamin ini lebih dari yang mereka butuhkan. Tidak ada efek samping dari konsumsi vitamin B5 yang berlebihan.

Olahraga dan kesehatan