Beberapa informasi yang mengejutkan tentang efek samping Vitamin B12

vitamin

Saat vitamin B-complex sangat penting untuk kesehatan kita, ada beberapa keganjilan yang dikandung oleh vitamin ini. Selain sering muncul dalam beberapa kasus pengobatan umum, vitamin B12 juga memperburuk kasus jerawat vulgaris dan jerawat rosacea.

 

Pertama, jika Anda meminum vitamin B, adalah penting untuk memperhatikan keseimbangan dalam setiap vitamin B. Kekurangan salah satu vitamin B bisa menyebabkan ketidakseimbangan dan kekurangan penyerapan lainnya. Kecuali jika anda disarankan oleh dokter Anda untuk mengkonsumsi vitamin B-12 daripada B-complex yang menyuplai semua vitamin B, selalu konsumsi B-complex untuk menghindari kekurangan konsumsi vitamin B lainnya.

Jadi apa manfaat Vitamin B12 untuk kesehatan Anda ? Vitamin B12 membantu mengatur metabolisme, diperlukan untuk membentuk sel darah merah dan membantu merawat sususan syaraf pusat. Sumber makanan alami yang mengandung vitamin B12 sangat sedikit, yaitu: Daging, ikan, unggas, dan produk peternakan(susu, mentega, keju).

Saat umur kita bertambah tua, vitamin B12 tidak mudah terserap oleh tubuh kita. Sebagai contoh, tubuh perhari membutuhkan vitamin B-12 kurang lebih 1.8mcg, dan dari sebuah suplemen yang mengandung vitamin B sebanyak 500 mcg hanya dapat diserap oleh tubuh kita sebanyak 1.8 mcg! Sekarang, mari kita lihat sebuah contoh kasus umum pengobatan yang dapat membuat efek samping vitamin B12 timbul, selain kurang penyerapan atau penurunan tingkat keefektifan sebuah pengobatan.

Antibiotik dapat menghabiskan persediaan vitamin B12 di dalam tubuh. Tetracycline adalah salah satu antibiotik yang tidak boleh diminum bersamaan dengan vitamin B-12. Efek samping vitamin B-12 mengganggu penyerapan tetracycline sehingga mengurangi khasiat dari antibiotik.

Jika Anda sedang mengkonsumsi tetracycline sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi B-12 . Metformin adalah Pengobatan yang biasanya ditujukan untuk penderita diabetes yang menolong mengatur insulin dan tingkat gula darah. Dan lagi, Anda perlu berhati-hati karena pengobatan ini mungkin memunculkan efek samping vitamin B-12, yaitu berpengaruh pada persediaan vitamin B-12 pada tubuh. Tapi sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan meningkatkan konsumsi kalsium Anda , maka efek samping dari vitamin B12 ini akan terbalik.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan yang berhubungan dengan kemoterapi, atau pengobatan untuk serangan tiba-tiba, ini akan memicu efek samping vitamin B12 yang mengakibatkan kurang penyerapan. Selain itu ada beberapa pengobatan lain yang mempengaruhi terhadap penyerapan dan penyimpanan vitamin B-12 oleh tubuh.

Beberapa hal khusus tentang efek samping Vitamin B-12 juga terungkap dalam studi kasus jerawat rosacea dan jerawat vulgaris. Pasien yang mengkonsumsi vitamin B-complex dosis tinggi tidak berpengaruh terhadap pengobatan jenis itu. Vitamin B-12 adalah penyebabnya. Saat pasien berhenti mengkonsumsi B-complex maka kondisi kesehatan mereka berangsur membaik dengan menggunakan pengobatan yag sama. Pilihan terbaik Anda adalah bertanya pada dokter, ahli nutrisi atau ahli farmasi tentang akibat yang mungkin disebabkan oleh efek vitamin B12 jika anda menjalani suatu pengobatan.