Seberapa Seriusnya Efek Samping Flu Babi?

Seberapa Seriusnya Efek Samping Flu Babi?unia menghadapi salah satu wabah menakutkan yang terbesar pada April 2009 yang lalu, ketika virus baru ditemukan di Veracruz, Mexico. Turunan virus influenza H1N1 terbaru, yang dikenal sebagai Flu Babi, menyebabkan sedikit kehebohan karena serangan pertamanya yang cepat dan kematian yang ditimbulkannya. Tidak memiliki daya tahan tubuh terhadap virus yang dibawa oleh udara cukup mengkhawatirkan, dan yang memperburuk keadaan, virus tersebut mampu berpindah dari manusia ke manusia dan dapat menyebabkan penyakit parah pada mereka yang terinfeksi.

Satu-satunya cara agar terlindungi dari virus mematikan ini adalah dengan mengembangkan vaksin,

reaksi cepat pemerintah memungkinkan hal ini. Ada dua cara bagaimana vaksin ini ditangani, pertama melalui suntikan dan satunya lagi melalui semprot hidung.

Sama dengan vaksin lain, vaksin Flu Babi juga memiliki efek samping. Efek samping dari suntikan vaksin Flu Babi adalah: rasa sakit ringan dan bengkak pada lokasi suntik, demam ringan, menggigil, nyeri otot, lelah, kurang nafsu makan, dan sakit sendi. Memilih semprot hidung sebagai cara vaksinasi tidak akan menghindari Anda dari efek samping, yaitu: ingusan, hidung tersumbat atau batuk, mengi, sakit kepala, dan nyeri otot, demam dan sakit perut dan kadang-kadang kemungkinan muntah atau diare. Namun efek samping ini seharusnya tidak terlalu mengkhawatirkan Anda karena cukup ringan dan tidak terjadi pada setiap orang.

Dua hari adalah batas waktu maksimum gejala efek samping. Jika efek samping ini ternyata bertahan, istirahat di tempat tidur direkomendasikan untuk menghindari trauma lebih lanjut. Ada beberapa kejadian reaksi alergi pada jenis vaksin suntik namun tidak ada kematian atau efek samping serius yang pernah dilaporkan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika Anda memiliki alergi tertentu.

Apakah manfaat vaksin Flu Babi lebih banyak dari efek sampingnya? Tentu saja! Jika Anda memperhatikan kesehatan Anda. Seperti yang ditunjukkan, efek samping tidak lebih dari beberapa hari saja dan ditoleransi dengan baik. Efek samping ini adalah sesuatu yang normal dan wajar dari vaksin apapun, dan tidak terjadi pada setiap orang. Efek sampingnya tidak dapat dibandingkan dengan kemungkinan penyakit yang bisa terjadi jika tidak diimunisasi. Pada akhirnya, pilihan ada pada Anda.

Olahraga dan kesehatan