Mesin Prostate Ultrasound (USG)

Mesin ultrasound (USG) memiliki kesamaan prinsip kerja dengan yang biasa digunakan oleh kelelawar maupun kapal. Saat gelombang suara menyentuh permukaan objek, akan terjadi gema sehingga gelombang suara dipantulkan kembali untuk kemudian dimanfaatkan untuk mengukur jarak, ukuran, bentuk, dan kesolidan objek. Hasil tes gelombang suara tersebut juga akan menunjukkan hasil apakah objek tersebut terisi cairan, solid, atau keduanya. Selama proses USG prostat,

sebuah transduser dimasukkan ke tubuh pasien pria untuk mendeteksi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi dan kondisi abnormal lain yang dapat mengancam kesehatan.

Prostat Ultrasound Secara Umum


Selama pemerikasaan berlangsung, transduser akan mengirimkan gelombang suara lalu kemudian merekam gema yang kembali setelah mengenai objek. Pada saat kulit ditekan, denyut kecil dari suara berfrekuensi tinggi yang tidak dapat didengar telinga manusia akan dikirimkan ke tubuh pasien. Ketika gelombang suara memantul dari cairan, jaringan, ataupun organ dalam tubuh, mikrofon yang ada pada transduser akan merekam perubahan sekecil apapun yang terjadi pada arah dan nada suara yang dihasilkan. Tanda dari gelombang yang dihasilkan pun akan segera diukur dan ditampilkan oleh komputer, tersaji dalam bentuk gambar-gambar secara langsung pada layar. Satu atau lebih frame dapat ditangkap sebagai gambar tetap.

Prosedur


Kelenjar prostat pada pria berada tepat di depan rektum. Tes USG kemudian dilakukan secara transrektal. Sebuah tutup pelindung sekali pakai akan diletakkan di atas transduser. Probe (sebuah alat untuk mendeteksi kedalaman) kemudian akan dilumasi dan dimasukkan ke dalam rektum. Jika terdapat luka yang dicurigai, biopsi (pengambilan sampel jaringan tubuh) dapat dilakukan mengunakan USG untuk menuntun jarum ke arah yang tepat pada organ target dan mengambil sel atau jaringan yang diperlukan. Keseluruhan proses biasanya berlangsung dalam 20 menit atau kurang.

Harapannya adalah mesin ultrasound akan bekerja cepat tanpa menimbulkan rasa sakit. Anda mungkin akan merasa sedikit ketidaknyamanan ketika probe dimasukkan ke dalam tubuh Anda. Jarum yang dimasukkan sewaktu biopsi berlangsung akan meminimalisir rasa sakit. Seorang ahli radiologi akan ditugaskan untuk mengawasi dan menerjemahkan hasil yang keluar. Gambar yang dihasilkan akan disimpan dan dikirim kepada dokter rujukan atau ke pusat perawatan utama. Hasil secara final akan segera diketahui. Biasanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, satu hari, atau dua dari.

Keuntungan dan Kerugian

Satu-satunya kerugian yang mungkin timbul dalam diagnosa ultrasound (USG) adalah panas yang dihasilkan dapat membentuk gelembung udara. Efek ini memang hanya memiliki pengaruh kecil, namun secara keseluruhan prosedur adalah aman. Mesin ultrasound tersedia di mana saja, portabel, dan mudah digunakan dengan biaya yang murah dibandingkan dengan metode lainnya. Tidak ada masalah kesehatan yang timbul dari radiasi dan teknik tradisional lainnya.

Pria yang pernah menjalani operasi pengangkatan ujung ekor dubur ataupun usus besar tidak disarankan untuk melakukan tes ultrasound kelenjar prostat sebab probe harus dimasukkan melalui rektum, yang mana ukuran probe setara dengan ukuran jari. Enema (memasukkan cairan melalui anus ke usus untuk merangsang BAB) juga disarankan untuk dilakukan 2 atau 4 jam sebelum prosedur berlangsung, dan buang air kecil pun tidak dianjurkan supaya kandung kemih menjadi penuh dan mampu berperan lebih baik dalam mempresentasikan gambar. Dokter dapat memberi resep antibiotik, diambil 4 dosis sejak malam sebelum tes hingga keesokan hari setelah tes dijalankan.

Bersikaplah tenang, rileks, dan gunakan pakaian yang nyaman selama prosedur berlangsung. Mesin ultrasound tidak menimbulkan rasa sakit, jadi tidak perlu khwatir. Mungkin akan terjadi pendarahan sekidit pada rektum setelah prosedur berlangsung. Dalam beberapa kasus, darah juga akan keluar melalui urine hingga 2 hari setelah tes ultrasound dan juga melalui air mani.

Sedikit pendarahan semestinya tidak apa-apa dan tidak perlu dikhawatirkan, namun jika ada kejanggalan lain muncul segera laporkan ke dokter Anda.

Olahraga dan kesehatan