Mengetahui Bahaya Mesin USG

Meskipun pada umumnya mesin USG dianggap aman, tidak menimbulkan rasa sakit dan alat yang non-invasif, namun masih terdapat beberapa kekhawatiran mengenai keamanan dalam melakukan tes diagnostik dan terapeutik. Pada umumnya orang-orang khawatir mengenai efek radiasi dan efek samping lainnya serta kemungkinan-kemungkinan negatif yang dapat ditimbulkan pada bayi saat melakukan sonogram. Mengetahui potensi ancaman dan bahaya yang bisa ditimbulkan oleh mesin USG akan membantu Anda tetap dalam kondisi yang baik dan sehat dalam waktu yang lama.

Potensi Ancaman

Pada umumnya ada dua bahaya yang dapat terjadi dalam prosedur USG. Bahaya yang pertama adalah pengembangan panas yang merupakan akibat dari penyerapan energi ultrasound oleh air dan jaringan di dalam tubuh, sehingga meningkatkan suhu tubuh secara keseluruhan. Jumlah akumulasi panas harus dikontrol dengan baik supaya tidak menyebabkan kerusakan pada tubuh.


Bahaya yang kedua adalah pembentukan gelembung atau kavitasi, karena panas yang dihasilkan oleh USG menyebabkan terlepasnya gas terlarut dari larutan. Gelembung udara dalam tubuh bisa sangat berbahaya, terutama jika gelembung udara tersebut mengalir melalui aliran darah.

Para wanita biasanya diperingatkan mengenai potensi ancaman dari temperatur yang meninggi di dalam rahim selama USG. Janin tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri, sehingga cairan ketuban dapat mencapai suhu yang sangat tinggi selama jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan neurologis dan seluler. USG dapat meningkatkan suhu cairan ketuban. Menurut penelitian, hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan otak janin. Sesi USG yang panjang akan menyebabkan meningginya temperatur cairan ketuban.

Tentang Gelombang Suara

Gelombang suara dengan frekuensi yang tinggi juga merupakan bahaya lain yang dirasakan selama USG. Gelombang suara tersebut bisa berbunyi sangat nyaring di dalam rahim. Bayi seakan-akan bisa mendengar suara yang mirip dengan suara kereta bawah tanah. Frekuensi ini bisa terlalu kuat untuk telinga dan sel-sel yang sedang berkembang. Perusahaan-perusahaan komersial sekarang ini sedang menciptakan mesin USG yang lebih kuat supaya mampu memberikan gambar 3D dan 4D. Bagaimanapun juga, prosedur USG akan berlangsung lebih lama ketika mereka mencoba untuk membuat video dari janin dalam rahim dengan durasi 30 menit. Oeh karena itu batasilah hal tersebut.

Bahaya lainnya

Anda diharapkan hanya bergantung kepada para profesional yang paling mampu menangani peralatan USG karena hal tersebut sangat penting. Umumnya, ancaman dan efek yang ditimbulkan dapat dikurangi secara signifikan. Bahaya dari USG merupakan sebuah kenyataan, tetapi jika ditangani secara profesional, hal tersebut dapat dikendalikan dengan baik sehingga manfaatnya akan jauh lebih besar daripada risikonya. Sebagai orang tua, anda harus belajar untuk membatasi total waktu USG supaya bayi anda tidak akan terkena dampak negatifnya.

Untuk memastikan keamanan dari USG, Anda perlu mengikuti beberapa petunjuk sederhana. Anda harus melepas pakaian yang menutupi area yang berhubungan dengan prosedur USG. Tubuh Anda akan ditutupi supaya area tubuh Anda yang lain tidak terkena USG. Jelly yang berbahan dasar minyak akan dioleskan pada kulit Anda untuk mencegah timbulnya udara antara probe dan kulit Anda dan membantu menghasilkan gelombang suara kedalam tubuh. Probe harus ditutup dengan penutup plastik. Probe mungkin akan dimasukkan ke dalam tubuh, namun hal tersebut tergantung pada jenis tes yang dilakukan.

Ubah posisi dengan hati-hati supaya Anda bisa melihat gambar yang anda inginkan. Anda akan diberi handuk untuk membersihkan tubuh Anda setelahnya. Dan Anda dapat melanjutkan kegiatan rutin Anda seperti mengemudi, memasak, melakukan tugas-tugas rumah tangga dan makan.


Ibu hamil harus meminimalkan kegiatan-kegiatan yang berat, jika mereka harus menjalani tes ultrasound atau jika tidak sekalipun. Sebelum Anda menuju ke mesin USG, pertama-tama, pastikan Anda memiliki perut kosong atau kandung kemih yang penuh untuk memberikan hasil yang paling akurat.

Jika hasilnya tidak jelas atau anda gagal mengikuti panduan, tes akan mengalami penundaan. Pengulangan prosedur akan menimbulkan biaya ekstra bagi Anda.

Olahraga dan kesehatan