Tentang kesehatan

USG untuk Memeriksa Payudara

USG untuk Memeriksa Payudara cap=M]esin USG digunakan untuk memeriksa beberapa bagian dari tubuh, tergantung pada status pasien dan gejala yang muncul. USG Payudara adalah suatu keharusan, terutama bagi perempuan agar dapat mendeteksi kondisi yang membahayakan seperti kanker. Deteksi dini bermanfaat untuk

mengambil langkah pemulihan yang cepat dan efektif. Ada beberapa panduan yang perlu Anda ikuti sebelumnya agar dapat melalui seluruh proses USG payudara dengan nyaman.

Breast Ultrasound Imaging (USG Payudara yang menghasilkan gambar)

USG payudara akan menunjukkan struktur internal dan objek lainnya di payudara. Prosedur ini non-invasif, tanpa rasa sakit dan mengharuskan anda untuk mengekspos area yang akan diperiksa dengan menggunakan getaran suara frekuensi tinggi sehingga dapat menghasilkan gambar yang jelas dan akurat. Proses ini tidak melibatkan ionisasi dan dianggap sangat aman dan efektif. Para dokter atau ahli sonogram yang melakukan tes USG payudara dapat menggunakan teknik Doppler untuk melihat apakah aliran darah bergerak lancar di daerah tersebut. Daerah yang pada umumnya kekurangan aliran darah akan memberikan informasi pada dokter mengenai penyebabnya.

Beberapa Kegunaan USG Payudara

Uji diagnostik akan menunjukkan ciri dan  anomali pada payudara secara alami.  Mesin USG payudara membantu para profesional kesehatan mendiagnosis kelainan pada payudara yang mungkin ditemukan dalam pemeriksaan fisik umum. USG juga dapat mengkarakterisasi anomali yang dihasilkan oleh tes mamografi.

Gambar-gambar yang ditampilkan dapat membantu mengidentifikasi jika abnormalitas tersebut bersifa padat atau berisi cairan. Dengan cara ini, dokter dapat melihat apakah benjolan atau tumor tersebut bersifat kanker atau tidak. Dalam beberapa kasus, kelainan dapat sekaligus berupa padat dan kistik. USG juga secara efektif mencirikan daerah yang aneh. Suplai darah pada lesi di payudara dapat diperiksa dengan menggunakan USG Doppler.

Tips USG Payudara

Anda akan diminta untuk melepaskan pakaian dari pinggang ke atas dan mengenakan baju khusus untuk prosedur ini. Mesin USG terdiri dari sebuah konsol yang memiliki perangkat elektronik dan komputer, sebuah transduser yang memindai pembuluh darah dan bagian-bagian tubuh serta layar tampilan yang berbentuk video. Transduser tampak seperti mikrofon yang terpasang ke pemindai melalui sebuah kabel. transduser bertanggung jawab untuk mengirimkan getaran suara berfrekuensi tinggi ke dalam tubuh kemudian transduser tersebut akan mendapatkan informasi dari gema yang berasal dari jaringan tubuh.

Gambar USG akan muncul di layar yang tampak seperti monitor TV. Amplitudo dan waktu dari gelombang suara sampai ke transduser akan menghasilkan gambar tersebut. Proses ini menggunakan prinsip yang sama seperti pada kapal. USG Doppler adalah alat khusus yang dapat menunjukkan kecepatan dan arah sel-sel darah yang mengalir melalui pembuluh. Gerakan sel darah menyebabkan perubahan pada gelombang suara yang dipantulkan. Komputer akan mengumpulkan dan memproses suara untuk membuat gambar dan grafik sehingga menunjukkan kondisi aliran darah.

Prosedur

Selama USG payudara, Anda akan diminta untuk berbaring telentang, dengan tangan di atas kepala di atas meja. Clear gel akan ditempatkan pada area yang akan diperiksa sehingga  transduser dapat aman dan memastikan transduser tersebut langsung bersentuhan dengan tubuh Anda. Transduser akan ditekan pada kulit dan diarahkan bolak-balik di atas wilayah tersebut. Untuk tes sonografi Doppler, transduser yang sama akan digunakan. Setelah itu Anda akan diminta untuk berpakaian dan menunggu hasil USG.

Keseluruhan diagnosis memakan waktu sekitar 30 menit. Setelah itu, Anda dapat kembali ke aktivitas berikutnya atau mungkin akan diminta untuk kembali ke mesin USG.

Olahraga dan kesehatan