Sphygmomanometer

Sphygmomanometeresuatu yang berhubungan dengan tekanan darah merupakan suatu hal yang rumit. Walaupun tekanan darah dapat dengan mudah dibaca oleh siapa saja, proses dalam pencarian suatu tekanan darah yang terjadi dapat menjadi sedikit rumit. Bagi orang-orang yang memeriksakan tekanan darah untuk mendapatkan hasil yang lebih memungkinkan untuk pembacaan yang tepat, prosedur invasif harus digunakan. Hal ini berarti bahwa suatu alat harus dimasukkan ke dalam tubuh pasien dan

tekanan darah harus dapat dibaca pada saat itu juga. Namun, cara umum yang paling banyak digunakan dalam pengukuran tekanan darah adalah dengan menggunakan sesuatu yang dinamakan sphygmomanometer. Hal ini yang biasanya disebut dengan tekanan darah manset, karena alat ini adalah sesuatu yang bertekanan manset terpasang di sekitar lengan seseorang.

Manset biasanya diletakan di lengan pasien posisi kiri atas, di sekitar ketinggian vertikal yang sama terhadap organ jantung pasien. Pasien harus berada di posisi tegak agar manset dapat membaca tekanan darah dengan benar, hanya dengan posisi seperti ini, aliran darah dapat melalui tubuh sebagaimana mestinya. Kemudian manset meningkat sampai cukup tekanan yang ditempatkan di atas arteri brakialis, di tempat tersebut pembacaan terjadi. Tekanan sistolik diambil pada saat manset mulai menurun. Dokter menempatkan stetoskop berlawanan terhadap siku dan mendengarkan ketika suara Korotkoff dimulai. Pada saat ini dilakukan, tekanan sistolik diambil. Manset segera mengempis sampai suara yang terdengar tidak ada lagi. Pada saat ini terjadi, dokter langsung mengambil tekanan diatolik.

Dua jenis manset tekanan darah terdiri dari : digital dan manual. Kedua tipe ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, meskipun kebanyakan orang menggunakan manset tekanan darah digital pada saat mereka menggunakannya di rumah atau di apotek. Manset digital tidak hanya mudah digunakan, namun juga lebih praktis digunakan di tempat yang ramai, karena Anda tidak perlu mendengar suara Korotkoff yang digunakan dalam pembacaan tekanan darah. Sebenarnya jenis manset ini mengukur rata-rata denyut nadi, lalu memperoleh tekanan sistolik dan diatolik.

Kekurangan manset digital adalah manset tersebut tidak dapat digunakan dalam kondisi tertentu yang berkaitan dengan masalah kesehatan yang ditemukan pada beberapa orang. Sphygmomanometer manual hitungannya lebih tepat daripada yang digital, meskipun orang-orang yang menggunakan harus memiliki keahlian lebih dalam mengoperasikan dan oleh karena itu biasanya digunakan oleh dokter. Para dokter terlibat dalam pemompaan secara manual terhadap manset sehingga dapat mendengar suara Korotkoff yang dihasilkan, yang sulit dilakukan pengukuran oleh sembarang orang.