Memahami Angka Tekanan Darah Anda

angka tekanan darah

Apakah Anda prihatin tentang tekanan darah Anda? Jika demikian, Anda dapat dengan mudah memulai pemantauan setiap waktunya di rumah Anda sendiri. Walaupun demikian Anda masih perlu pemeriksaan secara berkala oleh dokter Anda. Cara terbaik untuk

memonitor tekanan darah Anda pertama-tama adalah dengan memahami angkanya.

Ada angka atas dan bawah dalam membaca tekanan darah Anda. Angka atas adalah tekanan sistolik Anda. Tekanan sistolik adalah kekuatan darah di arteri sejalan dengan detak jantung Anda.

Angka yang di bawah adalah tekanan diastolik.Tekanan diastolik adalah kekuatan darah di arteri sejalan dengan relaksasi jantung Anda diantara setiap detak jantung.

Ada empat kategori yang berbeda dalam membaca tekanan darah Anda. Yang pertama adalah membaca tekanan darah normal. Tekanan darah normal adalah bila tekanan sistolik Anda di bawah 120 dan tekanan diastolik Anda di bawah 80. Ini akan terbaca 120/80. Anda dapat mempertahankan angka tekanan darah ini dengan mempertahankan gaya hidup sehat.

Kategori kedua adalah 'prehipertensi'. Ini adalah saat tekanan sistolik Anda terbaca antara 120-139. Tekanan diastolik Anda akan menjadi antara 80-89. Sehingga akan terbaca 121/81 atau 139/89. Jika Anda memiliki prehipertensi, cukup pertahankan gaya hidup sehat anda untuk menjaga tekanan darah anda agar tidak meningkat.

Kategori ketiga disebut Hipertensi Tahap 1. Ini adalah saat tekanan sistolik Anda diantara 140-159 dan tekanan diastolik Anda diantara 90-99. Jika Anda mendapatkan angka seperti ini, cobalah untuk mengadopsi gaya hidup sehat. Jika Anda tidak dapat menurunkan tekanan darah Anda sendiri, bicaralah dengan dokter Anda tentang obat-obatan untuk perawatannya.

Kategori keempat disebut Hipertensi Tahap 2. Ini adalah saat tekanan sistolik Anda 160 atau lebih tinggi dan tekanan diastolik Anda 100 atau lebih tinggi. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, pertimbangkan untuk menjalankan gaya hidup sehat dan bicaralah dengan dokter tentang pemakaian obat-obatan untuk membantu menurunkan tekanan darah anda.

Meskipun Anda dapat dengan mudah mengawasi diet dan berat badan Anda dan mendapatkan banyak latihan untuk membantu mempertahankan atau menurunkan tekanan darah Anda, yang mungkin semua itu tidaklah cukup. Pengobatan untuk tekanan darah mungkin diresepkan oleh dokter Anda dan bahkan mungkin harus mengambil dua.

Jika hal ini terjadi pastikan Anda memberi tahu dokter Anda pengobatan lain yang Anda mungkin ambil. Beberapa obat, termasuk antidepresan, obat flu, dekongestan hidung dan bahkan kontrasepsi oral dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Seperti biasa, bicaralah dengan dokter Anda tentang segala kekhawatiran yang mungkin Anda miliki dan jika Anda memiliki pertanyaan tentang tekanan darah Anda. Ada banyak cara tersedia untuk mengobati tekanan darah tinggi dan Anda mungkin ingin memastikan menemukan pilihan yang paling tepat dan cocok untuk Anda.

Dengan mengambil kendali terhadap tekanan darah Anda, Anda dapat mengontrol kesehatan Anda dan memiliki hidup sehat lagi. Jika Anda merokok, cobalah untuk berhenti, cobalah untuk membatasi konsumsi alkohol dan banyak makan buah dan sayuran.

Jika Anda memiliki anjing, berjalan-jalanlah dengan mereka sehari-hari. Berilah diri anda setidaknya tiga puluh menit aktivitas fisik. Anda akan bersyukur Anda telah melakukannya ketika Anda menyadari betapa jauh lebih baik kondisi yang Anda rasakan setelahnya.