Matahari dan kulit

Sisi Gelap dari paparan sinar matahari

Bayangkan  satu keluarga di bawah payung di pantai. Orang-orang menikmati matahari. Beberapa bahkan menyembahnya. Sinar matahari sangat penting untuk banyak makhluk hidup. Tetapi, sinar matahari juga memiliki sisi berbahaya. Hal ini dapat membahayakan kulit Anda dan bahkan mata Anda. Kabar baiknya adalah Anda dapat mengambil beberapa langkah sederhana untuk melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan masih menikmati efek menyehatkan matahari.

 

Tubuh kita dibangun untuk memanfaatkan matahari. Sinar matahari membantu menjaga pola tidur kita  sehingga kita dapat tetap terjaga di siang hari dan tidur nyenyak di malam hari. Mendapatkan terlalu sedikit sinar matahari, terutama di musim dingin, dapat menyebabkan beberapa orang rentan terhadap bentuk depresi dikenal sebagai gangguan afektif musiman. Sinar matahari juga membantu kulit kita membuat vitamin D, yang dibutuhkan untuk fungsi tulang normal dan kesehatan. Namun sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan.

Sinar matahari melakukan perjalanan ke Bumi sebagai campuran dari dua sinar terlihat dan tak terlihat, atau gelombang. Gelombang panjang, seperti gelombang radio, tidak berbahaya bagi orang-orang. Tapi gelombang pendek, seperti ultraviolet (UV) cahaya, dapat menyebabkan masalah. Terpanjang dari sinar UV ini yang mencapai permukaan bumi disebut sinar UVA. Yang lebih pendek disebut sinar UVB.

Terlalu banyak terekspos UVB dapat menyebabkan kulit terbakar. Sinar UVA dapat melakukan perjalanan lebih dalam ke dalam kulit dari sinar UVB, namun keduanya dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Ketika sinar UV masuk ke sel-sel kulit, mereka mengganggu proses halus yang mempengaruhi pertumbuhan kulit dan penampilan.

Seiring waktu, paparan sinar ini dapat membuat kulit menjadi kurang elastis. Kulit bahkan mungkin menjadi tebal dan kasar, berkerut, atau menipis seperti kertas tisu. Semakin banyak paparan sinar matahari yang Anda miliki, semakin cepat  kulit Anda menua.

Kulit Anda tidak memiliki cara untuk mencegah atau memperbaiki kerusakan tersebut. Lapisan terluar dari kulit terus-menerus mengumpulkan sel-sel kulit mati dan menggantikan mereka. Anda mungkin telah memperhatikan jenis perbaikan kulit jika Anda pernah memiliki sengatan matahari yang buruk. Kulit Anda mungkin mengelupas, tapi biasanya terlihat normal dalam satu/dua minggu.

Bila Anda terkena radiasi ultraviolet, ada proses perbaikan yang berlangsung terus-menerus dalam setiap sel Anda yang terkena. Namun, kerusakan jangka panjang untuk kulit Anda bisa tetap tinggal.

Ketika Anda bertambah tua, menjadi sulit bagi kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri. Seiring waktu, kerusakan UV dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda dan jaringan ikat yang mendasarinya. Akibatnya, kulit Anda dapat membentuklebih banyak keriput dan garis-garis.

 

 

 

Olahraga dan kesehatan