Meringankan Stres, Apakah Anda Benar-benar Tahu Cara yang Berhasil?

Meringankan Stres, Apakah Anda Benar-benar Tahu Cara yang Berhasil?entu saja, ada banyak orang di luar sana yang sehari-hari berjuang dengan stres dan mengatakan pada dirinya sendiri bahwa suatu ketika mereka harus mempertimbangkan kolom kesehatan dengan serius dan mengambil kelas Yoga, berkumpul dengan teman-teman untuk sekedar curhat dan melakukan sedikit

latihan olahraga. Begitu mereka sempat melakukan obat ajaib peringan stress ini didalam hidup mereka, mereka mengatakan kepada diri mereka sendiri, bahwa semuanya akan segera berjalan dengan baik.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa mereka yang telah benar-benar melaksanakan nasihat tua ini tidak benar-benar puas dengan hasilnya. Dan banyak penelitian yang berbeda yang juga menyatakan hal yang sama. Apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana mungkin yoga dan meditasi tidak cukup baik sebagai peringan stress? Tampaknya cukup masuk akal bukan? mari kita lihat beberapa mitos yang sudah cukup kita percayai sejauh ini dan lihat apa pendapat penelitian terbaru mengenainya.

Mari mulai dengan menenangkan diri Anda sendiri dengan makanan saat stres. Anda pernah diperingatkan mengenai makanan penenang; mereka hanya akan membuat Anda gemuk, katanya. Ditambah, gula dan lemak, dua kandungan yang Anda temukan dalam setiap makanan penenang, hanya akan menambah ketegangan Anda dan membuat Anda bertambah stres. Semua hal itu memang cukup masuk akal. Namun tidak ada gunanya menyalahkan semua makanan penenang. Coklat adalah pengecualian yang cukup menggembirakan dalam hal ini. Coklat hitam, seperti yang dilaporkan dalam temuan Journal of Proteome Research, mengandung flavonoid yang sebenarnya menenangkan Anda. Memakan sepotong coklat hitam setiap hari dapat memberikan efek jangka panjang terhadap stres Anda.  Gunakan dengan lebih bebas dari itu maka coklat bisa menjadi penyebab depresi.

Jika tidak semua makanan penenang di luar batas, bagaimana dengan penghormatan terhadap meditasi? Tentu saja, berkonsentrasi untuk melantunkan Om atau sesuatu bisa membantu menenangkan pikiran Anda, bukan? Tidak semua orang cocok dengan pemikiran ini. Bukan bermaksud menolak meditasi sama sekali; namun melantunkan hal seperti itu hanya masuk akal bagi sebagian orang. Bagi yang lainnya, bisa membuat frustasi hingga malah menjadi sumber stres. Penelitian psikologis menemukan bahwa lebih dari separuh orang yang dianjurkan untuk melakukan meditasi berakhir dengan syaraf yang rusak karena mereka tidak mengerti mengapa melantunkan kata tanpa arti bisa bermanfaat. Pengertian terbaru terhadap masalah ini adalah, hal yang berbeda bekerja untuk orang yang berbeda. Meditasi seharusnya efektif karena melantunkan dengan berulang kali mengalihkan pikiran Anda dari rutinitas sehari-hari. Ada berbagai macam kegiatan berulang yang bisa Anda lakukan sama efektifnya. Tergantung dari apa yang berhasil bagi Anda, berlari, berenang, melukis, atau apapun, bisa menjadi cara penghilang stres yang efektif.

Akhirnya, kalau dulu Anda diminta untuk mencari anggota keluarga dan teman untuk bercerita sebagai penghilang stres, kini, psikolog meminta Anda untuk memelihara binatang dan menghabiskan waktu bersamanya. Binatang peliharaan yang lugu dan berbulu halus bisa mencuri hati kita lebih dari apapun di muka bumi ini. Menghabiskan waktu bersama orang lain terkadang bisa membuat stres. Menghabiskan waktu dengan binatang peliharaan yang jinak hampir tidak pernah membuat stres.

Olahraga dan kesehatan