Skiatika dan Penyebab-penyebabnya

Urat syaraf skiatik adalah syaraf terpanjang pada tubuh manusia yang terdiri dari gabungan 5 akar urat syaraf lainnya. Syaraf skiatik terdapat di dalam tulang punggung dan menjalar hingga daerah pantat, pinggul hingga bagian belakang kaki.

Rasa tidak nyaman akan langsung dirasakan ketika penyebab-penyebab skiatika bermunculan pada tubuh. Salah satu penyebab skiatika adalah

kebocoran disc tulang belakang. Disc tulang belakang adalah jaringan yang terbuat dari bahan seperti jel yang terletak diantara tulang-tulang belakang. Disc ini sangat lunak di bagian dalam dan bertekstur seperti tulang lunak di bagian terluar. Bila bagian luar disc mengalami kebocoran, maka bagian dalam disc akan mendorong keluar. Ini akan memberi tekanan tambahan pada urat syaraf . Anda akan merasakan rasa sakit, lemah dan kebas pada daerah punggung hingga kaki.

Kebocoran ini sering terjadi ketika seseorang terjatuh. Disc juga akan menipis, mengering dan melemah seiring dengan waktu. Inilah mengapa orang tua lebih rawan terkena kondisi skiatika.

Penyebab lain dari skiatika adalah penyempitan pada tulang belakang lumbar. Terdapat lubang di bagian tengah tulang belakang yang merupakan tempat urat-urat syaraf. Apabila lubang ini menyempit, urat-urat syaraf dapat terhimpit. Ini pun akan menyebabkan skiatika.

Spondylosisthesis atau pergesekkan antar tulang belakang merupakan juga salah satu penyebab skiatika. Ketika disc tulang belakang mulai menipis, tulang-tulang belakang akan saling bergesekan. Gesekan ini dapat menjepit syaraf skiatik.

Penyebab skiatika yang lain adalah tumor. Apabila tumor bertumbuh di daerah tulang belakang, ada kemungkinan bahwa urat syaraf Anda akan tertekan oleh pertumbuhan ini.

Terkadang skiatika dapat disebabkan oleh lebih dari satu penyebab. Dokter tahu akan hal ini dan proses pengecekan untuk menemukan semua penyebab bisa menjadi sangat lama. Memang betul kata orang bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin sangatlah disarankan untuk semua orang terutama kaum manula.

Usahakan untuk mempertahankan postur tubuh dan tulang belakang yang baik karena hal ini pun dapat membantu mencegah skiatika.