Tentang kesehatan

Resep yang Umum untuk Mengobati Tension Headache

Resep yang Umum untuk Mengobati Tension Headache cap=S]akit kepala akibat tegang leher (tension headache) adalah salah satu jenis sakit kepala yang paling umum menyebabkan begitu banyak rasa sakit. Karena itulah manusia mencari obat yang dapat meredakan rasa sakit ini. Pada kebanyakan kasus, mereka biasa

mengonsumsi obat bebas (over-the-counter - OTC) untuk menghilangkan rasa sakit.

Awalnya obat-obatan ini memang efektif untuk meredakan sakit kepala, namun nantinya bisa memberi lebih banyak sakit kepala yang berulang. Ketika tubuh menjadi ketergantungan obat, maka obat ini lalu dapat menciptakan resistensi dalam tubuh, sehingga sebaiknya hindari mengkonsumsi jenis obat ini sebisa mungkin. Untuk lebih memahami jenis-jenis obat untuk meredakan tension headache, perhatikan daftar berikut:

Pereda sakit

Di antara jenis obat yang tersedia untuk tension headache, jenis obat ini sering disalahgunakan karena obat ini mudah didapat. Beberapa obat bebas seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen sodium adalah obat-obat yang sangat dikenal orang. Sebagai peringatan, obat ini memiliki efek samping yang berat seperti pendarahan gastro-intestinal, risiko jantung dan efek pengencer darah karena penggunaannya. Solusi untuk ini adalah menghindari obat analgesik (pereda nyeri) ini terutama bila tidak diperlukan.

Obat kombinasi

Aspirin atau asetaminofen atau campuran keduanya sering dicampur dengan kafein, yang bahkan sering ditemukan kasus mencampur salah satu obat ini dengan obat penenang. Campuran yang dihasilkan obat kombinasi lebih efektif dibandingkan obat berbahan-tunggal. Selain itu obat kombinasi juga gampang diperoleh sebagai obat bebas, namun obat yang mengandung penenang harus memakai resep untuk mencegah penyalahgunaan obat.

Triptans dan narkotika

Di antara obat-obatan untuk mengobati tension headache, triptans dikenal berkhasiat untuk mengatasi sakit migren serta sakit kepala episodik. Hasil studi menunjukkan bahwa bentuk injeksi dari sumatriptan, yaitu obat migren umum, dapat digunakan sebagai obat yang efektif bagi sakit kepala tegang kronis. Opiat atau narkotika sering menyebabkan ketergantungan obat sehingga pada saat ini jarang diresepkan.

Namun sebenarnya obat analgesik merupakan obat sementara untuk tension headache, karena penggunaannya dalam jangka panjang akan menimbulkan banyak risiko kesehatan bagi penggunanya. Seiring berjalannya waktu, obat analgesik atau obat-obat lainnya mungkin tidak ampuh lagi bagi tubuh, bahkan dapat menimbulkan sakit kepala yang terus berulang.

Salah satu cara menghindari sakit ini adalah dengan mengatur konsumsi obat analgesik tidak lebih dari sembilan hari dalam sebulan. Mereka yang membutuhkan pengobatan teratur harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk memastikan keamanan dari perawatan ini. Juga ingat bahwa obat-obatan untuk tension headache hanyalah solusi sementara, akan lebih baik jika Anda tahu penyebab sakit kepala ketimbang menghindari rasa sakit setiap saat.

Olahraga dan kesehatan