Tentang kesehatan

Obat Tension Headache - Jenis dan Penjelasannya

Obat Tension Headache - Jenis dan Penjelasannyapabila tension headache menyerang, sarankan orang untuk beristirahat dan mencari obat pereda karena kapasitas mereka untuk bekerja akan berkurang. Dulu dipercaya bahwa tension headache  pada umumnya disebabkan oleh kontraksi otot dari bagian-bagian kepala yang berbeda, akan tetapi, tension headache saat ini dianggap sebagai akibat dari faktor-faktor seperti stres, kelelahan, konflik emosional, depresi atau

keadaan tertekan. Biasanya obat-obatan yang dijual bebas dapat menjadi pereda tension headache. Saat ini obat semacam aspirin, asetaminofen, atau ibuprofen sangatlah populer di masyarakat.

Namun demikian, Dr. Jaime Lopez, asisten profesor bidang neurologi dan bedah syaraf di sekolah kedokteran Universitas Stanford mengeluarkan peringatan tentang mengkonsumsi terlalu banyak obat-obatan bebas dalam meredakan tension headache. Dia menegaskan sebagai berikut, "Jika Anda sering mengalami sakit kepala dan mendapati diri Anda mengonsumsi obat bebas terus menerus, Anda bisa saja mengalami sakit kepala kambuhan." Sakit kepala semacam itu akan kambuh lagi ketika seseorang berhenti mengonsumsi obat pereda tension headache.

Sebenarnya, dokter yang peka tidak akan menyarankan orang untuk mengonsumsi obat-obatan bebas pereda nyeri lebih dari dua kali seminggu,  pada kenyataannya, hal ini seringkali terjadi pada orang yang sudah berkonsultasi dengan dokter.

Obat tension headache yang dijual bebas

Terdapat beberapa jenis nyeri kepala tipe tegang yang dapat diredakan dengan obat-obatan yang dijual bebas seperti aspirin, asetaminofen, ibuprofen, dan naproxen sodium; namun, semuanya memiliki efek samping jangka panjang.

Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa kafein ditambah ibuprofen adalah kombinasi yang bagus dalam menyembuhkan nyeri kepala tegang (tipe episodik).

Resep obat sakit kepala

Obat-obatan yang dijual bebas cukup terbatas karena tidak dapat meredakan semua jenis nyeri kepala tipe tegang; dengan demikian digunakanlah obat sakit kepala dengan resep dokter. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Asetaminofen yang dikombinasikan dengan kodein

Ini adalah campuran yang cukup manjur yang dibuatkan resepnya oleh dokter ketika rasa nyerinya lumayan parah dan obat-obatan bebas gagal mengatasi masalahnya. Obat untuk nyeri kepala tipe tegang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mencegah penyalahgunaan obat dan sakit kepala kambuhan.

Antidepresan

Antidepresan, khususnya trisiklik, dapat membantu dalam mencegah nyeri kepala tipe tegang kronis. Obat-obatan ini tidak hanya menjadi pereda nyeri, melainkan juga mengatasi sebab yang melatarbelakangi nyeri tersebut.

Obat Penenang

Obat-obatan penenang diketahui bersifat adiktif sehingga penggunannya memiliki aturan dari para dokter. Adalah luar biasa untuk mengetahui bahwa obat untuk nyeri kepala tipe tegang dapat menjadi pereda nyeri , namun begitu saran dari para dokter haruslah diutamakan.

Olahraga dan kesehatan