Tentang kesehatan

Alternatif untuk Meredakan Tension Headache

Alternatif untuk Meredakan Tension Headacheerkadang Anda hanya perlu minum segelas air untuk meringankan tension headache (sakit kepala karena leher tegang). Namun ada juga cara lainnya untuk mengurangi nyeri serta

kejadian sakit kepala. Berikut ini daftar obat yang dapat meredakan sakit kepala tegang.

Menggunakan teknik relaksasi

University of Maryland Medical Center (UMMC) menyatakan bahwa berlatih yoga dan meditasi membantu meringankan sakit kepala tegang. Berlatih teknik relaksasi ini bisa meredakan stres yang ada pada otot. Anda juga bisa menjaga postur tubuh untuk membantu mengendurkan otot-otot. Anda dapat mengurangi ketegangan otot dengan menggunakan perangkat biofeedback yang melemaskan otot-otot.

Obat

Gunakan obat-obatan yang Anda beli di apotek hanya dua kali sehari, UMMC memperingatkan bahwa sakit kepala cenderung kembali jika Anda mengonsumsi obat melebihi dosis. Jika obat-obatan farmasi tidak ampuh, Anda bisa mendapatkan resep dari dokter Anda.

Makanan buruk yang harus dihindari

UMMC menyatakan bahwa beberapa makanan dapat memicu sakit kepala. Makanan ini bervariasi bagi setiap orang. Anda bisa menemukan makanan pemicu sakit kepala dengan cara tidak mengkonsumsi makanan tertentu yang saat ini Anda makan. Cokelat, produk berkafein, selai kacang, produk susu, makanan acar, kacang-kacangan, alpukat, pisang, jeruk, keju, dan monosodium glutamat adalah makanan yang dapat menimbulkan sakit kepala.

Khasiat dari obat herbal

Ada tumbuhan yang diyakini bisa menyembuhkan sakit kepala ini. Menurut UMMC, sakit kepala bisa diobati dengan mengoleskan minyak peppermint pada dahi. Tiger balm juga merupakan salep yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Ada salep disebut Feverfew yang dapat meringankan sakit kepala tegang tetapi juga diketahui bisa menyebabkan perdarahan. Karena risiko ini, salep Feverfew tidak boleh digunakan oleh ibu hamil atau wanita yang baru melahirkan.

Mengobati sendiri menggunakan terapi panas dan dingin

Heat pad atau perangkat pemanas lainnya dapat digunakan untuk terapi, dengan cara menempatkan objek yang telah dipanaskan pada bagian belakang leher dan pada punggung bagian atas. Kemasan es biasa yang diletakkan di dahi juga bisa berfungsi untuk meringankan sakit kepala Anda.

Olahraga dan kesehatan