Tinjauan Berbagai Jenis Psoriasis

PsoriasisPsoriasis adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan kemerahan dan penebalan kulit. Ini dialami 1-3% dari seluruh penduduk. Di sini kita akan melihat lima jenis psoriasis.

Plaque Psoriasis

Ini adalah bentuk paling umum psoriasis. Hal ini biasanya ditandai dengan penebalan dan pengelupasan kulit pada beberapa bagian tubuh. Dalam beberapa kasus, kulit menjadi belang di sebagian besar tubuh. Meskipun dapat bertambah atau berkurang, namun psoriasis memiliki kecenderungan untuk menjadi kronis.

Kondisi ini dapat terjadi di setiap area tubuh. Daerah yang paling rawan meliputi siku, lutut, ruas-ruas jari, kulit kepala, punggung, lengan, kaki dan organ seks eksternal. Meskipun tidak selalu terasa gatal, tetapi dapat menyebabkan peradangan saat tergores. Ini disebut Fenomena Koebner.

Guttate Psoriasis

Hal ini paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Cirinya dengan menampakkan diri sebagai benjolan kecil kemerahan pada kulit. Hal ini terjadi tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa minggu setelah infeksi.

Jika terpicu oleh infeksi, jenis guttate dari kondisi ini dapat diobati menggunakan antibiotik. Penyakit ini biasanya merespon terhadap pengobatan dan secara bertahap dapat menghilang dengan sendirinya. Jika Anda telah mengidap penyakit ini, maka tidak akan terulang kembali sakit yang sama di tahun-tahun mendatang. Pada orang dewasa, muncul benjolan-benjolan kecil yang dapat diartikan bahwa penyakit ini sudah melebar.

Jenis-jenis Khusus Psoriasis

Psoriasis Seborrheic adalah suatu penyakit yang mempengaruhi kulit kepala. Hal ini mirip dengan ketombe parah. Penebalan dan pengelupasan kulit dapat tampak di dahi tepat di bawah garis rambut. Kerak dapat menjadi lazim di telinga bagian luar.

Psoriasis juga dapat mempengaruhi jaringan penghubung pada kuku-kuku. Pitting (korosi) adalah gejala awal dari psoriasis kuku, yang juga dapat terjadi pada penyakit lain. Psoriasis kuku akan terlihat adanya bintik-bintik hitam serupa dengan tetesan minyak yang dapat menyebabkan pengelupasan kulit di bawah kuku.

Psoriasis Palmoplantar terjadi di telapak tangan serta telapak kaki. Kasus berat jenis ini dapat menyebabkan cacat.

Psoriasis Pustular menjangkiti telapak tangan dan kaki. Hal ini ditandai dengan bintik kecil, melepuh yang berisi nanah yang tampak dalamĀ  serta berwarna tembaga agak kemerahan dan kulit bersisik. Hal ini mirip dengan pustulosis acropustulosis atau palmoplantar.

Jenis-jenis Lain

Erythroderma adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kulit memerah, mengelupas, dan penebalan kulit di sebagian besar tubuh. Erythrodermic psoriasis terjadi ketika seseorang memiliki riwayat penyakit psoriasis Flek. Hal ini juga dapat terjadi karena eksim yang menyebar luas, reaksi kulit terhadap obat-obatan atau lumphoma pada kulit. Penyakit ini mungkin disertai juga dengan demam, badan menggigil dan membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Psoriasis pustular adalah jenis langka dan parah dari kondisi yang ditandai dengan pembentukan bintik kecil, melepuh yang berisi nanah pada kulit. Ini mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit karena mengalami demam dan menggigil. Selain itu, mungkin memerlukan terapi khusus karena pengobatan tradisional dengan mudah dapat membuat iritasi kulit mereka. Penyakit ini dapat menyebabkan cacat saat melebar ke telapak tangan dan telapak kaki.

Inverse atau Psoriasis Flexular biasanya mempengaruhi daerah tubuh yang terdapat lipatan kulit seperti ketiak, selangkangan dan sekitar jari kaki. Penyakit ini sering berwarna keputihan dan biasanya terasa lembut seperti infeksi jamur.

Memahami berbagai jenis psoriasis dapat membantu mempermudah dalam menentukan metode pengobatan yang akan digunakan.

Olahraga dan kesehatan