Tentang kesehatan

Mengenal Psoriasis

Lokasi psoriasisPsoriasis adalah penyakit kulit dan sendi yang tidak menular, timbul terus-menerus dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita. Sel darah putih (T-sel) menjadi bereaksi berlebihan dan biasanya menyebabkan

bercak merah kering yang berkerak (juga disebut plak atau lesi psoriasis) timbul pada kulit karena produksi kulit yang berlebihan. Kulit bereaksi seperti pada infeksi jamur. Para peneliti percaya bahwa keturunan, lingkungan, dan sistem kekebalan tubuh mungkin juga memainkan peran utama dalam terjadinya psoriasis.

Jika Anda memiliki psoriasis, penyakit ini akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda sehingga menyebabkan siklus sel kulit yang sangat cepat dan abnormal serta biasanya gatal dan terasa sakit. Proses terjadinya psoriasis dimulai pada lapisan bawah epidermis, di mana keratinosit terbentuk sempurna. Keratinosit adalah sel kulit muda yang membuat keratin, sebuah protein kuat yang membantu struktur rambut, kuku dan kulit.

Umumnya, sel-sel kulit yang diproduksi di lapisan terdalam kulit akan membuat jalan keluar hanya dalam seminggu atau kurang. Mereka telah matang, yang akan terkelupas dari kulit, dan diganti dengan sel-sel kulit baru dari lapisan di bawahnya. Kulit kita tidak dapat mengelupas sel-sel ini dengan kecepatan yang sesuai, sehingga mereka diproduksi berlebihan, yang menjadikan daerah kulit mati yang tebal, bercak atau plak kering, berwarna keperakan, dan hancur.

Penyakit ini biasanya timbul di siku, kaki, telapak tangan, kaki, wajah, pergelangan tangan, punggung bawah dan lutut, tetapi dapat juga mengenai daerah manapun seperti kulit kepala dan alat kelamin, namun secara keseluruhan dapat juga timbul di seluruh bagian tubuh kita. Dihubungkan dengan eksema, psoriasis lebih sering ditemukan di bagian perifer sendi (arthritis psoriatis). Kuku dan ujung jari juga dapat terkena psoriasis (distrofi kuku psoriatis atau lesi kuku).

Psoriasis bukanlah penyakit kulit yang dapat disembuhkan, dari waktu ke waktu akan membaik dan memburuk terutama jika Anda memicunya dengan menggaruknya. Beberapa orang dengan psoriasis dapat mengalami kekambuhan pada saat musim dingin sementara yang lainnya saat musim hangat ketika ada peningkatan paparan sinar matahari. Pasien dengan psoriasis dapat semakin parah karena perubahan iklim, stres, infeksi, ruam karena obat-obatan dan kulit kering serta alkohol.

Psoriasis menginfeksi ke seluruh dunia, tidak perduli jenis kelamin dan ras Anda, meskipun anda seorang bayi, remaja atau orang dewasa, namun sebagian besar pasien hanya dapat didiagnosis pada tahun-tahun awal ketika telah beranjak dewasa. Orang dengan psoriasis berat mungkin memiliki kecanggungan bersosialisasi, gangguan dalam pekerjaan, memiliki ekspresi yang sedih, dan isu-isu kecil lainnya karena alasan bentuk kulit mereka.

Sekitar 25-40% pasien dengan psoriasis juga memiliki arthritis psoriatis dan masih tidak dapat didiagnosis terutama jika gejalanya tidak tampak. Biasanya muncul diantara awal 30an hingga akhir 40an; di sisi lain, seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya bahwa hal itu dapat dialami oleh setiap usia dari setiap jenis kelamin di seluruh dunia dan 5,7-7,5 jutaan orang di Amerika Serikat atau Sekitar 25-40% dari total populasi dunia telah menderita psoriasis.

Ada berbagai jenis psoriasis, tetapi terlepas dari jenis psoriasis yang Anda miliki biasanya akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam hidup Anda. Dan karena psoriasis, sebagian besar pasien bahkan dapat terjaga di malam hari karena rasa gatal. Rasa sakitnya bisa sulit untuk ditangani dan bahkan anda mulai berpikir untuk mengakhiri hidup anda karena ketidaknyaman itu.

Menjadi seorang penderita psoriasis akan mengalami pengobatan dan terapi seumur hidup serta dapat kehilangan semua investasi keuangan Anda hanya untuk berobat.

 

Olahraga dan kesehatan