Jenis-Jenis Psoriasis

psoriasis llokasiSebagian besar ahli kulit (dermatologist) kesulitan mendiagnosa psoriasis karena ini hampir sama dengan penyakit kulit lainnya seperti jamur, jerawat dan bentuk lain yang terkait, terutama jika psoriasis masih dalam bentuk yang ringan. Jika anda memeriksa contoh kulit dibawah mikroskop maka anda akan bisa mengetahui apakah ini psoriasis atau bukan, dan anda juga bisa mengidentifikasi jenis dan bentuk psoriasis seperti berikut:



Plak psoriasis (psosriasis vulgaris), luka di kulit yang tertutup oleh sisik keperakan dan merah pada dasarnya kurang lebih 1/8 atau bagian kecil tubuh anda akan terinfeksi. Menghilangkan kulit yang meradang ini akan membuatnya berdarah dan dengan perlahan tumbuh membesar yang pada akhirnya akan menjadi plak kering. Bentuk ini bisa juga disebabkan cuaca dingin, infeksi atau stress. Ini bisa dimulai dari siku, lutut dan punggung bagian bawah.

Psoriasis Guttate (berasal dari kata Latin "Gutta" yang berarti "drop"), kecil, luka dengan bentuk butir airmata muncul pada tungkai kaki, punggung dan kulit kepala. Seringkali dipicu oleh infeksi saluran pernafasan bagian atas (contohnya: sakit tenggorokan yang disebabkan kuman streptokokus). Guttate psoriasis bisa menjadi tahap awal dari psoriasis karena sebagian besar penderitanya adalah anak kecil dan remaja.

Pustular psoriasis/Jerawat psoriasis (juga disebut Von Zumbusch Pustular Psoriasis), lepuhan dari nanah non-infeksi muncul pada kulit, hal ini bisa disebabkan oleh obat, kontaminasi, rasa khawatir terus-terusan ataupun kontak dengan bahan kimia tertentu. Dan psoriasis jenis ini adalah ancaman yang besar terhadap jantung dan ginjal.

Inverse psoriasis, halus, bercak merah karena radang muncul di lipatan kulit dekat daerah kelamin, di bawah payudara, atau di ketiak yang bisa diperparah oleh gesekan kulit dan keringat. Pengobatan penderita inverse psoriasis sangat sulit dan ini bisa berhubungan dengan kanker payudara.

Psoriasis erythrodermic, kulit memerah yang menyebar luas dan bersisik bisa disebabkan karena terbakar matahari yang parah atau mengkonsumsi corticosteroid (cortisone) atau obat-obatan lain yang bisa disebabkan karena periode berkepanjangan dari meningkatnya aktivitas psoriasis yang tidak diobati. Psoriasis erythrodermic dapat menutupi seluruh tubuh anda.

Psoriasis arthritis yang menghasilkan gejala arthritis pada penderita dengan kondisi peradangan kaku, lembut dan sendi pada penderita yang telah atau akan terkena psoriaris. Penderita AIDS beresiko tinggi terkena psoriasis arthritis. Sekitar 75% penderita psoriatic arthritis menderita psoriasis pada kuku. Psoriasis arthritis dapat dikaitkan dengan SAPHO (Synovitis/sinovitis, Acne/jerawat, Pustule eruptions/letusan bintil, Hyperostosis, Osteolysis).

Psoriasis Seborrheic, berbentuk tambalan yang berbentuk area warna merah dan bersisik pada kulit kepala seperti belakang telinga, diatas bahu, di ketiak atau pangkal paha, atau lebih buruk lagi pada tengah wajah. Penyakit ini sulit diobati.

Psoriasis kuku, sebuah kelompok lubang putih kecil tersebar di kuku (umum terjadi pada kuku kaki) dengan bintik-bintik kekuningan. Kuku mengelupas dari kulit jari dan kulit mati bisa terkumpul di bawah kuku.

Psoriasis kulit kepala, ditandai dengan plak bersisik pada permukaan kepala dan separuh dari setiap 100 penderita psoriasis memiliki psoriasis kulit kepala.

Apapun jenis Psoriasis yang anda miliki akan mengganggu kehidupan indah anda. Hal ini juga mempengaruhi keuangan kita untuk menyembuhkan penyakit kulit yang tidak dapat disembuhkan ini. Namun ada beberapa pihak yang mengklaim mempunyai obat untuk segala jenis psoriasis.

 

Olahraga dan kesehatan