Tips Memahami Anak dan Perilakunya

Tips Memahami Anak dan Perilakunyaidak ada yang bilang menjadi orang tua adalah tugas yang mudah dan lancar. Malah orang tua lebih sering merasakan susah, sulit, dan frustasi dalam menangani anak-anak. Jika Anda memiliki masalah dengan perilaku anak Anda, akan sangat membantu jika

Anda mencoba menjangkaunya. Memahami anak dan tingkah lakunya pasti akan membuat takjub. Lagi pula, jika bukan Anda yang berupaya untuk melakukannya, siapa lagi?

Pengasuhan selalu menjadi salah satu pekerjaan yang paling signifikan dan menantang yang dikenal manusia. Seringkali, kenakalan dan ledakan emosi anak-anak membuat gila para orang tua. Hal ini terutama berlaku jika orangtua tampaknya tidak bisa memperbaiki kenakalan tersebut. Jika Anda menghadapi masalah seperti ini, lakukan pendekatan untuk memecahkan masalah tersebut dengan menganggap kenakalan mereka sebagai suatu pesan. Anak Anda pasti sedang mencoba untuk memberitahu sesuatu yang tidak bisa diungkapkan dengan mudah dan efektif.

Memahami kenakalan anak dapat membantu Anda membedakan dan menguraikan apa yang sebenarnya anak coba katakan. Kenakalannya memiliki tujuan. Tidak baik untuk meremehkan anak Anda. Melalui pemahaman akan kenakalan, Anda dapat membantu membatasi setiap perilaku atau kekasaran anak yang tidak disukai hingga Anda akhirnya dapat menikmati hubungan anak dan orang tua yang lebih baik dan lebih kuat. Berikut adalah beberapa panduan yang bisa Anda lakukan.

Pertama, pahami bahwa kenakalan adalah hasil kreasi anak untuk mencari dan mendapatkan perhatian. Anda dapat mulai membatasinya dengan mengevaluasi dan menentukan bagaimana Anda benar-benar merasakan dan bereaksi jika ia bertingkah. Anak Anda mungkin akan terus bertingkah jika ia melihat Anda jengkel dan kesal. Untuk awalnya, coba abaikan perilaku buruk anak, minimal sekali. Beri dia perhatian lebih setiap kali dia bersikap lebih baik. Ini bisa menjadi cara kreatif dalam mengatakan bahwa cara terbaik untuk mendapat perhatian Anda adalah melalui bersikap dengan benar.

Cobalah untuk tidak menunjukkan amarah setiap kali anak Anda bertingkah. Anda mungkin mengirim sinyal yang salah pada anak. Jika Anda merasa kesal atau jengkel, cobalah semampunya tenang dan senyaman mungkin. Dengan cara ini, Anda melepaskan diri sepenuhnya keluar dari konflik. Begitu ia tenang, dorong anak Anda untuk berbicara dan memberitahu Anda apa yang dia suka.

Sebagian anak terlalu pintar dengan menjadi nakal untuk tujuan balas dendam. Jika kasusnya seperti ini, coba untuk menarik diri dari situasi. Cara terbaik adalah jika Anda bisa membangun interaksi positif terutama ketika ia tenang atau dalam situasi netral. Kemudian, coba atur konsekuensi logis untuk kelakuan buruk sang anak (tapi jangan sampai kelihatan atau terdengar seperti hukuman yang sebenarnya).

Selalu memiliki kesabaran. Tidak perlu merasa tidak berdaya betapapun sulitnya situasi. Jangan memberikan kesan bahwa Anda menyerah. Sebagai orang dewasa, tunjukkan pada anak bahwa Anda cukup matang dan luas dalam menangani situasi. Terus berbicara dengan anak Anda pada saat-saat tenang nya sehingga Anda bisa menyelesaikan dan mengatasi perbedaan apapun yang mungkin ada antara Anda dan anak. Memahami anak Anda mungkin tidak sederhana, tetapi Anda selalu bisa berhasil jika Anda telah menentukan sikap. Cara yang terbaik adalah membina hubungan yang sehat dan terbuka dengan anak Anda dan buat diri Anda bisa didekati setiap saat.

Olahraga dan kesehatan