Tips Handal untuk Menjadi Seorang yang Optimis

Tips Handal untuk Menjadi Seorang yang Optimispakah Anda ingin meningkatkan kualitas hidup Anda? Untuk mencapai hal tersebut perlu satu usaha perbaikan sikap dalam hidup. Berikut ini adalah beberapa tips untuk

membantu Anda untuk menjadi seorang yang optimis.

Optimisme adalah lebih dari sekedar memakai kacamata berwarna merah dan melihat dunia selayaknya sebuah negeri dongeng. Optimisme adalah soal menentukan pilihan-pilihan secara realistis.

Memiliki  sikap yang baik dalam hidup akan dapat mempengaruhi seluruh hidup Anda. Sebagai permulaan, sikap yang baik akan mempengaruhi keyakinan dalam diri Anda. Ketika Anda merasa nyaman tentang diri Anda, maka Anda akan memancarkan suatu keyakinan yang mungkin telah Anda miliki sebelumnya. Hal ini akan mendorong Anda ke arah pilihan yang lebih baik untuk mempertahankan  perasaan nyaman yang Anda rasakan tersebut.

Jadi, mungkin Anda tidak lagi akan melihat gelas sebagai setengah kosong maupun setengah penuh. Anda dapat membuat perbaikan yang akan meningkatkan cara pandang serta pendekatan Anda dalam hidup dengan mulai mencoba tips-tips yang telah teruji ini.

Gunakanlah suara yang bernada ceria

Bagaimana kita mempersepsikan sesuatu dan bagaimana kita bersuara memiliki pengaruh besar atas penilaian  orang lain terhadap kita. Bicaralah dengan nada optimis untuk membuat orang lain merasa nyaman dan sekaligus akan  memperbaiki suasana hati anda.

Gunakanlah kata-kata positif untuk menggambarkan diri sendiri

Mungkin anda baru saja kehilangan sesuatu yang membuat anda berpikir hal-hal seperti "kegagalan" atau "masalah" atau "kekecewaan." Sebaliknya dari segi positif anda juga bisa melihatnya sebagai suatu "pembelajaran" atau "kesempatan untuk memperbaiki" atau bahkan sebagai suatu "bonus". Hal ini akan mewarnai cara berpikir anda.

Pilihlah teman-teman dengan hati-hati

Siapa yang mempengaruhi anda ? Jika anda adalah seorang optimis atau ingin menjadi orang yang optimis, sangat dianjurkan untuk memilih teman yang  memiliki sifat-sifat yang anda inginkan. Cari tahu mengapa  mereka bisa tetap gembira dan cobalah untuk meniru cara hidup mereka.

Janganlah menyerah pada mereka yang tidak seharusnya menjadi teman Anda

Orang-orang ini akan selalu mencari siapa saja yang dapat mereka racuni. Hindarilah orang-orang yang terus menerus mengejek usaha Anda untuk meningkatkan hidup Anda atau mereka yang mencoba menghalangi usaha Anda untuk meraih impian Anda dengan memberikan opini opini negatif mereka.

Perbaikilah postur tubuh Anda

Ketika Anda duduk tegak, organ tubuh Anda akan dapat berfungsi dengan lebih baik, demikian pula dengan sistem pencernaan Anda. Bila Anda berdiri lebih tegap, Anda akan merasa lebih baik. Membungkuk akan menggambarkan suasana hati yang sedih atau perasaan yang negatif tentang diri Anda.

Hitunglah berkat Anda

Cobalah ingat, hal-hal baik apa saja yang sudah Anda terima dalam hidup Anda. Tulislah dan beri nomor . Jika Anda menemukan dua puluh hal-hal baik dalam hidup Anda, lalu mengapa Anda merasa sangat kecewa atas hidup Anda? Bagaimana jika daftar Anda meningkat menjadi 50 atau 100 ? Semakin lama Anda memikirkannya, akan semakin banyak hal yang dapat Anda temukan dan tambahkan. Dan semua fakta tersebut menunjukkan bahwa  optimisme tersebut tidaklah sulit untuk diraih dan diwujudkan.

Meditasi

Kendalikan tubuh dan pikiran anda. Gunakan meditasi untuk menghilangkan stres dan juga untuk mengubah pola pikir anda untuk mencerminkan sikap positif.

Seorang yang optimis dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik. Jika anda menginginkannya untuk diri anda sendiri, mulailah dengan tips di atas.