Tanda-tanda Peringatan Anoreksia

Tanda-tanda Peringatan Anoreksiaangguan dalam mengonsumsi makanan bisa menjadi rumit. Kebanyakan yang menderita adalah wanita, meskipun ada pria yang mengalaminya di luar sana. Kebanyakan wanita yang menderita kondisi ini diawali dengan masalah ketika ia masih remaja dan hidup di rumah bersama orang tuanya. Bila Anda mempunyai anak perempuan (atau laki-laki) yang Anda merasa ia merahasiakan sesuatu dari Anda, dan sesuatu pada penampilannya tampak berubah bersamaan dengan kebiasaannya, Anda mungkin perlu untuk belajar lebih jauh tentang

tanda-tanda peringatan anoreksia sehingga Anda dapat membantunya untuk mendapatkan pertolongan sebelum ia mengalami sakit yang serius.

Jangan mengaggap remeh anoreksia ini, , karena sesungguhnya anoreksia dapat mematikan. Mereka yang menderita kondisi ini akan mulai berpikir kalau badan mereka terlalu gemuk dan perlu menurunkan berat badan. Mereka tidak berhenti setelah mencapai target berat badan yang diinginkan, dan mereka terus melakukannya. Ada seratus hal lainnya yang membuat anoreksia dan hanya yang mengalaminya yang dapat memahaminya. Jawaban "terlalu gemuk" sejujurnya terlalu sederhana. Beberapa orang mengatakan kondisi ini lebih tentang pengendalian daripada berat badan. Apapun alasannya, seseorang yang menderita kondisi ini akan berpikir kalau makanan adalah seperti racun. Mereka kemudian mulai mengalami sakit parah dan beberapa diantaranya akan meninggal. Itulah sebabnya mengetahui tanda-tanda peringatan anoreksia sangatlah penting bagi ibu para remaja.

Beberapa tanda peringatan anoreksia yang paling mudah terlihat juga merupakan beberapa tanda yang hanya akan Anda lihat saat anak Anda berada jauh ke dalam penyakitnya dan sangat membutuhkan pertolongan medis. Jika anak Anda terlalu kurus hingga Anda dapat melihat tulangnya dibalik kulitnya, dan ini tidaklah normal bagi mereka, mungkin mereka merasa baik-baik saja selama proses menurunkan berat badan hingga tidak terdapat lemak sama sekali. Seorang anak perempuan dengan kondisi sangat kurus seperti ini akan mulai tidak mendapatkan menstruasi dan otak serta jantung mereka akan mulai menderita. Anda akan mengetahui kapan anak Anda mengalami penurunan berat badan ke batas sehat, dan kapan mereka melakukannya terlalu jauh melewati batas.

Beberapa tanda peringatan anoreksia yang mungkin Anda tidak langsung menyadarinya cukup tersamar, namun juga terjadi tepat di depan wajah Anda. Baginya, ia akan mulai melakukan latihan fisik lebih sering. Ia juga akan mulai sering mengurangi porsi makanannya dan menyingkirkannya di pinggir-pinggir piring daripada memakannya. Mungkin Anda awalnya akan terkecoh dan menganggap kalau ia memakan makanannya, namun kemudian Anda mulai melihat kalau ia hanya membuatnya terlihat seperti itu. Ia juga akan terlihat sedikit lebih sering tidur dibandingkan biasanya, tampak lebih pucat, dan mungkin akan lebih mudah sakit. Ia juga mungkin akan berhenti bermain dengan teman-temannya sesering yang biasa ia lakukan, dan akan tampak terobsesi dengan penampilan dan diet sambil menarik diri dari Anda.

Bila Anda melihat hal-hal tersebut, sekaranglah saatnya untuk berbicara dengan anak Anda, dan kemudian dengan dokter keluarga Anda. Dokter Anda mungkin menanyakan tentang tanda-tanda peringatan anoreksia lainnya seperti memakai pakaian yang longgar dibandingkan yang biasa ia pakai sehingga ia bisa menyembunyikan keadaan tubuhnya. Ia juga berhenti menggunakan produk khusus wanita karena ia tidak mendapatkan menstruasi. Bila dokter Anda merasakan adanya masalah, langkah selanjutnya tergantung pada anak Anda. Lakukan apapun yang bisa Anda lakukan agar anak Anda mau menjalani perawatan. Pada awal  perawatan mungkin belum terlihat hasilnya segera  atau bahkan yang kedua kalinya, tetapi Anda tidak boleh menyerah, carilah bantuan ahli yang bisa Anda dapatkan dan kerahkan semua kekuatan Anda sebagai orang tua. Hidup anak Anda mungkin bergantung pada usaha Anda.

Olahraga dan kesehatan