Orangtua Tunggal

Orangtua Tunggalengasuh anak dengan orangtua yang lengkap masih saja berat, sehingga Anda bisa membayangkan betapa sulitnya menjadi orangtua tunggal. Bahkan seandainya Anda hanya tinggal di rumah saja dengan anak-anak sepanjang hari, sementara suami Anda sedang bekerja, dan Anda merasa begitu berat untuk menjalaninya, Anda tetap merasa bahwa

masih ada orang lain yang akan  mendukung Anda yang akhirnya akan pulang untuk mengambil alih beban tersebut dari bahu Anda.

Orangtua tunggal tidak akan merasakan hal seperti itu. Mereka yang sendirian saja dengan anak-anak, tidak memiliki pasangan yang akan mengambil alih beban mereka pada saat-saat yang sulit. Orangtua tunggal harus melakukan apa yang bisa mereka lakukan untuk mendapatkan sistem pendukung yang baik sehingga mereka tidak merasa begitu sendirian.

Anda mungkin tidak tahu bahwa sebenarnya ada beberapa kelompok tempat berkumpul para orangtua tunggal. Ini adalah tempat di mana para orangtua dapat bertemu untuk berbincang-bincang dan berbaur satu sama lain sementara anak-anak mereka bermain. Ini bisa menjadi semacam dukungan bagi orangtua yang merasa bahwa mereka melakukan semua hal sendirian saja. Mereka dapat saling bertukar hal-hal seperti tugas carpooling, waktu untuk menjaga anak, dan selalu siap sedia jika seseorang dalam keadaan darurat.

Kelompok ini akan sangat membantu bagi orangtua yang tidak punya banyak kenalan dan membesarkan anak-anak mereka sendirian. Jika di kota Anda tidak ada kelompok seperti ini, Anda bisa membuat sendiri kelompok seperti itu atau mencari orang lain yang bisa membantu Anda untuk membentuknya.

Bicara tentang orangtua tunggal berarti bicara tentang keluarga, itu jika Anda mempunyai keluarga yang tinggal tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Anda mungkin berpikir bahwa Anda adalah beban bagi keluarga Anda karena Anda selalu membutuhkan sesuatu, tetapi biasanya tidak seburuk yang Anda bayangkan. Anda mungkin akan meminta bantuan jauh lebih sedikit daripada yang Anda kira, dan Anda mungkin juga mencoba untuk bersikap adil ketika Anda meminta bantuan pada orang lain. Mintalah bantuan pada keluarga bila  Anda membutuhkan seseorang untuk menjaga anak Anda atau bila Anda membutuhkan bantuan darurat, dan lakukanlah hal yang sama pada mereka. Hal ini dapat membuat perbedaan besar dalam hidup Anda karena Anda tahu bahwa masih ada orang yang peduli dengan Anda.

Teman juga bisa diandalkan ketika Anda memerlukan dukungan. Jika Anda memiliki teman yang juga orangtua tunggal, mereka pasti akan dengan senang hati bertukar tugas dalam menjaga anak atau bergantian mengemudi dengan Anda. Bahkan teman-teman yang sudah menikah akan bisa memahami sebagian dari apa yang Anda alami, dan juga dapat membantu Anda sehingga Anda tidak akan merasa begitu sendirian sebagai orangtua tunggal. Teman memang tidak selalu ada di samping Anda, tetapi kehadiran mereka meski hanya sesekali dapat membuat perbedaan besar bagi Anda.

Orangtua tunggal adalah sesuatu yang sulit dimengerti kecuali Anda mengalaminya sendiri. Ini adalah salah satu hal terberat yang bisa dilakukan seseorang, tapi juga bisa sangat bermanfaat jika Anda merasa bisa menjalaninya dengan baik. Tidak peduli betapa sulitnya menjadi orangtua tunggal, jangan membuat kesalahan dengan memperkenalkan seorang pria atau wanita yang tidak begitu Anda kenal dalam kehidupan anak-anak Anda hanya karena Anda sudah lelah melakukannya sendirian. Banyak anak-anak yang terluka dengan cara seperti ini. Anda harus lebih selektif dalam memilih calon pasangan Anda demi keselamatan anak-anak Anda. Memang sulit menjadi orangtua tunggal, tapi semua kesulitan itu tidak akan ada artinya jika terjadi sesuatu yang buruk.