Membantu Anak Dengan Kesulitan Belajar Dalam Menyesuaikan Diri Dengan Sekolah Baru

Membantu Anak Dengan Kesulitan Belajar Dalam Menyesuaikan Diri Dengan Sekolah Baruerpindahan sekolah ke sekolah menengah dapat menjadi masa-masa penuh tekanan bagi setiap anak, untuk anak  dengan kesulitan belajar , tekanan tersebut dapat menjadi penderitaan. Jika Anda mempunyai keinginan untuk membantu anak untuk melalui proses tersebut dengan

lebih baik, hal-hal tersebut dibawah ini menjelaskan bagaimana Anda dapat melakukannya.

Langkah pertama adalah memahami bahwa sekolah menengah berbeda dengan apa yang telah mereka alami selama ini. Anak-anak di sekolah menengah mempunyai guru lebih dari satu. Anak-anak pada umumnya cepat beradaptasi untuk mengingat kebutuhan setiap guru dan seperti apa mereka berbicara.  Anak dengan kesulitan belajar akan membutuhkan bantuan Anda bagaimana untuk berhubungan dengan hal tersebut. Anda perlu bertemu dengan komite pendidikan sekolah luar biasa di kota Anda untuk merencanakan semuanya dengan baik, mungkin beberapa bulan sebelum anak masuk sekolah. Hal yang dibicarakan pada pertemuan ini biasanya adalah bagaimana anak tersebut dapat dimaklumi pada tugas tugas yang membutuhkan ketepatan waktu, ataupun bagaimana anak tersebut dapat mendapatkan tempat duduk tetap di depan, atau diberikan word prosesor portable Quickpad. Jika semua ini kira-kira memberatkan Anda, Anda dapat bertemu dengan konselor di sekolah anak Anda, yang dapat memahami kebutuhan anak Anda, dan menyampaikannya ke guru dan kepala sekolah.

Sekali Anda mendapatkan landasan untuk anak Anda agar diterima dengan baik di sekolah, sekaranglah saatnya untuk membantu anak Anda melalui apa yang akan terjadi. Pertama kali yang perlu dilakukan adalah mulai membicarakannya dengan anak Anda beberapa minggu sebelum hari pertama di sekolah. Kecemasan para remaja memasuki sekolah menengah yaitu: berteman, berganti kelas, berhubungan dengan pekerjaan rumah dan terlihat menarik bagi setiap orang, akan sangat mencemaskan anak yang mempunyai  kesulitan belajar.  Anda perlu mendiskusikan strategi kesulitan yang mungkin dialami oleh si anak.  Anak teman Anda akan bersekolah di sekolah yang sama, merupakan hal yang akan membuat anak Anda lebih nyaman. Hal utama yang perlu diketahui oleh anak Anda adalah tidak ada salahnya untuk berusaha lebih keras dibandingkan dengan anak-anak lain. Hal itu bukan sesuatu yang perlu disembunyikan.

Anak dengan kesulitan belajar perlu mengetahui bagaimana menjaga diri mereka sendiri. Apa yang akan Anda butuhkan adalah memperkenalkan Rencana Pembelajaran Individual atau disebut IEP yang telah diberikan, sehingga mereka tahu pasti apa yang ada pada program tersebut, dan bagaimana untuk menanyakannya sendiri. Sebagai contoh, seorang guru yang sibuk mungkin lupa untuk memberi dia tambahan waktu  untuk mencatat apa yang ada di papan tulis. Si anak perlu mengetahui bahwa tidak ada salahnya bagi dia untuk mengingatkan guru atas hal tersebut. Sementara Anda benar-benar harus membantu anak Anda mengatasi masalah yang ada, Anda haruslah ingat semakin sering anak Anda melakukannya sendiri, akan semakin baik bagi kondisinya. Hal itu disebut dengan advokasi diri, dan menempatkan anak Anda di kursi supir. Setiap saat dia mengeluh guru tidak terlalu memperhatikan pendekatan yang harus dilakukan, Anda dapat menindaklanjutinya dengan guru.
Bagian yang paling penting dalam melancarkan semuanya adalah dengan tetap berhubungan dengan gurunya. Anda perlu ramah dan terbuka, tanpa terlalu banyak permintaan, guru sungguh ingin membantu, Anda tahu.