Memahami Gangguan Bipolar

Memahami Gangguan Bipolaralam upaya kita untuk mendidik diri sendiri tentang penyakit mental dan bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat, kita harus berusaha untuk memahami lebih lanjut tentang gangguan bipolar. Gangguan bipolar adalah penyakit mental yang serius yang mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Sayangnya, masyarakat sering memiliki kesalahpahaman tentang seperti apa gangguan bipolar itu. "Bipolar" digunakan secara bergantian sebagai "berubah-ubah" dan

"plin-plan" berkat penggambaran populer dari perilaku bipolar seperti pada Katy Perry's "Hot n Cold" yang menggambarkan individu bipolar sebagai seseorang yang bolak-balik antara dua ujung yang berlawanan saat ia berhubungan dengan orang lain ("memiliki kasus cinta bipolar").

Gangguan bipolar jauh lebih serius dari sekedar berubah-ubah atau kebimbangan. Banyak orang dengan gangguan bipolar tidak memiliki pilihan tentang bagaimana suatu hal ini mengganggu perasaan mereka, dan jika mereka mampu, mereka akan memilih untuk "keluar dari sana", tapi itu tidaklah mudah. Sebagai permulaan, sebenarnya apa itu gangguan bipolar? Pada dasarnya, ini adalah gangguan mood , dimana setiap individu akan memiliki mood berubah-ubah antara mania (mood tinggi) dan depresi (mood rendah). Selama keadaan mania/manik, orang merasa euforia/gembira dan mungkin menunjukkan gejala tertentu seperti penurunan keinginan untuk tidur, berpikir cepat, penekanan saat berbicara, perilaku impulsif dan ceroboh, delusi keagungan-diri, mudah marah dan agresif. Sebaliknya, orang yang mengalami keadaan depresi mungkin menunjukkan tanda-tanda kesedihan, kecemasan, putus asa, rasa bersalah, insomnia atau tidur berlebihan, kelelahan, gangguan nafsu makan, kehilangan minat atau kesenangan dalam beraktivitas dan keinginan untuk bunuh diri. Kadang-kadang orang dengan gangguan bipolar dapat mengalami keadaan campuran sehingga mereka menunjukkan tanda-tanda dari mania dan depresi. Terdapat juga keadaan seperti hipomania, yaitu versi kurang ekstrim dari keadaan mania Tergantung pada jenis gangguan bipolar yang didapati sebagai hasil diagnosa pada seseorang,maka ia akan mengalami keadaan suasana hati yang berubah-ubah.

Gangguan bipolar bisa sangat melemahkan seseorang dan orang yang mereka cintai. Karena gangguan bipolar bersifat sangat genetik, gangguan ini sering diturunkan dalam garis keturunan keluarga. Faktor lingkungan juga dapat memainkan peran penting dalam perkembangan gangguan bipolar. Perawatan untuk gangguan bipolar memang ada dalam bentuk pengobatan dan terapi, tetapi masih menjadi tantangan untuk mengatasinya, bukan hanya untuk orang dengan gangguan ini, tetapi juga untuk orang-orang disekitarnya. Dengan mendidik diri kita sendiri tentang gangguan bipolar, kita dapat belajar untuk mengenali gangguan ini dan membekali diri dengan sumber daya yang diperlukan untuk membantu orang lain dan keluarga kita yang mungkin dipengaruhi oleh gangguan bipolar pada kehidupan kita sehari-hari.

Olahraga dan kesehatan