Masih Bisakah Kakek-Nenek menyetir?

kakek-nenek menyetirBeberapa masalah yang melibatkan kepentingan orang tua Anda atau kakek-nenek bisa menjadi masalah yang rumit dan  merupakan  keputusan yang sulit. Orang tua menghadapi banyak masalah kesehatan dan gaya hidup yang unik yang melibatkan bukan hanya mereka sendiri namun juga orang-orang yang mengasihi mereka untuk menemukan solusi yang mereka bisa gunakan. Dan itu sangat umum bagi orang tua sulit untuk menerima realita tentang

efek penuaan tahunan mereka dan menerima perubahan dalam cara hidup yang harus terjadi pada mereka untuk melanjutkan hidup dengan cara yang aman dan sehat.

Mengemudikan kendaraan adalah contoh dari masalah ini. Bagi kebanyakan orang dewasa, kemampuan untuk mengendarai mobil merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengertian kita tentang peran yang maksimal  dan kebebasan. Kita jarang memikirkan apa rasanya jika saat kita perlu untuk bepergian ternyata  tidak bisa hanya "melompat ke dalam mobil dan pergi." Tapi perasaan kebebasan penuh untuk pergi kemanapun dan kapanpun Anda mau merupakan sesuatu yang mendalam tentang bagaimana kita berfungsi, dan kita tidak dapat membayangkan bagaimana rasanya kehilangan mobilitas dan kebebasan itu.

Namun bagi orang tua, akan datang saatnya mereka harus berhenti mengemudi. Penyebabnya banyak tetapi alasan paling umum dan paling penting adalah masalah penglihatan. Walaupun banyak yang dapat dilakukan untuk menjaga penglihatan orang tua, jika kemampuan mereka untuk melihat dari belakang kemudi menjadi sesuatu menjadi membahayakan , mereka harus diberitahu bahwa inilah waktu untuk meninggalkan kebebasan mereka yang berharga itu.

Jadi bagaimana kita membantu orang tua yang kita cintai menerima dan kemudian membantu mempersiapkan mereka untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan sama sekali kegiatan mengemudi mereka ? Anda mungkin akan terkejut bahwa ketika tiba saatnya bagi Anda sebagai anak atau pengasuh dari orang tua untuk berbicara kepada mereka tentang berhenti mengemudi, ternyata mereka mungkin sudah mulai juga  berpikir tentang hal itu.

Orang tua sangat menyadari kondisi fisik mereka. Jadi walaupun mereka mungkin menolak untuk melepas mobil mereka, mereka tahu dalam hati bahwa saat ini akan datang. Beberapa alasan kuat lain untuk mengambil langkah yang lebih awal daripada tertunda-tunda adalah :

Perintah dokter.

Jika dokter orang tua kita secara khusus mengatakan bahwa kakek/nenek tidak bisa lagi mengemudi, maka para orang tua akan lebih mudah menerima perintah tersebut itu bahkan lebih dari menerima nasihat keluarga. Kredibilitas seorang dokter lebih jauh berpengaruh tentang masalah ini.

Keselamatan mereka sendiri.

Dengan cara yang sama bahwa tidak ada orang tua ingin "jatuh dan tidak bangun lagi", gagasan dalam suatu kecelakaan yang dapat menyebabkan cedera serius yang berakibat pada pemulihan menyakitkan dan kemungkinan mengurangi kebebasan dan mobilitas mereka secara permanen,merupakan alasan kuat untuk memberikan kunci mobil kepada orang lain.

Keselamatan orang lain.

Sangat mudah untuk menemukan berita tentang seorang tua yang terus mengemudi dan kemudian terlibat dalam sebuah kecelakaan yang menyebabkan cidera atau kematian orang lain, mungkin bahkan anak-anak. Bayangan itu memberikan rasa takut kepada nenek atau kakek sehingga mereka akan memilih untuk berhenti mengemudi daripada  menghadapi rasa bersalah seperti itu.

Tabungan.

Menyingkirkan mobil berarti tidak ada pemeliharaan lagi, cicilan mobil, biaya bensin dan asuransi mobil. Orang tua cenderung suka mengirit sehingga mereka bisa melihat perbedaan yang besar dengan adanya tabungan ini.

Jika orang tua Anda dapat memahami bahwa kebutuhan mereka untuk bepergian dapat diakomodasi, maka hilangnya mobil yang mungkin tidak menjadi masalah besar lagi. Angkutan umum atau bus yang dapat ditemukan dekat dengan pusat pemukiman akan membantu orang tua untuk bisa pergi berbelanja atau janji mengunjungi dokter. Dan jika keluarga mereka memiliki kelebihan untuk membantu nenek atau kakek, tidak saja mereka yang kehilangan beban dan kewajiban mengemudi, mereka juga mendapatkan waktu lebih banyak bagi keluarga. Dan itu merupakan keuntungan yang besar untuk berhenti mengemudi dan membiarkan orang lain menjadi supir mereka.