Cara-cara untuk Menjadi Panutan yang Baik bagi Anak Anda

Cara-cara untuk Menjadi Panutan yang Baik bagi Anak Andanak-anak sangatlah mudah untuk mencontoh kelakuan orang lain. Mereka mencontoh orang-orang di sekitarnya dalam melakukan berbagai aktivitas. Oleh karenanya, menjadi panutan yang baik bagi

anak Anda merupakan sebuah tugas yang sangat penting.

Apakah yang dimaksud dengan panutan?

Banyak yang berkata bahwa apabila seseorang meniru kita dapat berarti mereka sedang memuji kita. Kita sering tidak menyadari bahwa apa yang anak kita tiru tidaklah baik sampai kita melihatnya dengan mata kepala sendiri. Seorang anak yang gemar menonton televisi seharian atau hanya mau makan makanan cepat saji saja mungkin sedang meniru seseorang yang mereka lihat.

Orang tua adalah panutan yang terutama bagi anak-anak. Seorang panutan tidaklah harus sempurna. Seorang panutan yang baik harus selalu mau mencoba untuk senantiasa bersikap baik di depan anak mereka dan juga di hadapan orang-orang di sekitarnya. Ini merupakan tugas yang penting dan seringkali orang tua tidak menyadari seberapa pentingnya tugas ini.

Menjadi seorang panutan itu seperti berada dalam sorotan kamera setiap saat. Anda tidak pernah tahu apa yang anak Anda mungkin lihat dan tiru dari kelakuan Anda. Oleh sebab itu, ada beberapa ide dan saran dalam menjadi panutan yang baik bagi anak. Janganlah khawatir, selama Anda berusaha untuk mendidik anak Anda untuk melakukan perbuatan terpuji, kesalahan yang Anda lakukan pun bisa menjadi pengajaran yang baik di mata anak Anda.

Tips untuk Menjadi Panutan yang Baik

Makan 3 kali sehari

Sarapan adalah waktu makan terpenting dan banyak orang yang lupa akan hal ini. Bila Anda tidak sarapan, metabolisme Anda akan melambat dan Anda akan merasa lelah sepanjang hari. Usahakan agar Anda selalu sarapan meskipun hanya sedikit seperti roti atau buah.

Pilihlah kudapan yang sehat

Es krim dan permen dapat menjadi kudapan yang sangat menggoda tapi alangkah baiknya bila Anda memakan kudapan yang lebih sehat seperti potongan buah atau sayuran, yogurt atau jus buah. Ini akan mendorong anak Anda untuk hidup sehat juga.

Perhatikan kalori pada minuman Anda

Terkadang kita dapat mengkonsumsi setengah dari kebutuhan kalori harian dalam bentuk minuman. Sekaleng minuman bersoda dapat mengandung 120 kalori. Dengan memilih minuman yang tidak manis Anda memberikan contoh yang baik bagi anak Anda. Bila Anda ingin minuman Anda sedikit lebih berasa, tambahkan tetesan lemon atau es batu yang terbuat dari jus buah.

Tidurlah dengan teratur

Dengan tidur secara teratur, Anda memberitahukan anak Anda bahwa tidur yang cukup memiliki peranan yang penting dalam hidup. Anda pun akan merasa lebih bugar di keesokan hari, apabila kebutuhan tidur Anda tercukupi.

Lakukan kegiatan aktif bersama-sama

Memang terkadang bermain dengan anak dapat melelahkan dan Anda mungkin lebih memilih untuk menonton anak Anda duduk tenang dan bermain. Anak Anda akan lebih mudah untuk berhenti duduk dan bermain apabila Anda melakukan hal yang sama. Lakukanlah kegiatan aktif bersama anak Anda seperti bermain bola untuk mengingatkan pentingnya hidup aktif.

Cara terbaik untuk menjadi panutan yang baik adalah dengan memulai dengan diri sendiri. Tunjukkan pada anak Anda bahwa Anda memilih untuk hidup sehat dan mereka pun akan mengikuti dengan sendirinya.

Olahraga dan kesehatan