Protein

ptoteinita banyak mendengar tentang lemak dan karbohidrat, tapi bagaimana dengan protein? Teruslah membaca untuk mendapatkan pengetahuan langsung tentang protein dan

bagaimana pentingnya di dalam tubuh Anda.

Protein adalah substansi paling berlimpah di dalam tubuh kita setelah air. Bayangkan tentang struktur dari sebuah rumah. Sebelum Anda menambahkan dinding-dinding, Anda memiliki dasar pondasi. Protein adalah dasar pondasi tersebut bagi setiap sistem di dalam tubuh. Tanpanya, tubuh tidak akan dapat hidup.

Itulah gambaran besarnya. Sekarang mari kita lihat lebih detil. Protein adalah suatu struktur blok yang ada di tubuh kita. Protein dapat ditemukan di otot, sel darah, tulang, sumsum tulang, rambut, kuku, organ tubuh, kulit, jaringan tubuh dan gigi, ini baru sedikit saja yang disebutkan.

Dibentuk dari asam-asam amino. Jika Anda ingat pelajaran biologi waktu sekolah dulu, maka Anda akan mengetahui kalau asam-asam amino ini ditemukan di tubuh kita dan makanan yang kita makan. Terdapat 22 asam amino yang menyusun berbagai jenis protein dan enzim di tubuh kita. Tubuh hanya memproduksi 14 asam amino diantaranya. Sisanya didapat dari makanan yang kita makan, yaitu:

  • Leusine
  • Lysine
  • Phenilalanine
  • Triptophan
  • Valine
  • Threonine
  • Isoleusine
  • Methionine

Tanpa tambahan protein-protein ini, berbagai fungsi tubuh akan berhenti. Protein-protein ini sangat cepat rusak. Anda perlu protein setiap hari untuk menggantikan yang hilang. Minimal satu gram protein untuk setiap kilogram berat badan. Jika Anda latihan fisik atau sangat aktif, Anda dapat menambahkan lebih banyak protein pada diet Anda.

Memakan makanan dalam menu diet yang baik sangatlah penting dalam memberi asupan semua asam amino yang dibutuhkan untuk sintesis protein. Memilih makanan dengan kadar protein tinggi adalah sangat baik karena tidak semua protein dalam makanan tersebut akan digunakan untuk pembentukan protein. Beberapa diantaranya akan dibuang melalui ginjal.

Tubuh membutuhkan protein, sehingga ia akan mengambil dari berbagai sumber yang bisa diambilnya. Jika Anda tidak memberi asupan atau protein yang tepat, maka tubuh akan mengambil paksa dari sistem imun, tulang dan di manapun yang bisa diambilnya. Bahkan tubuh akan mencurinya dari otot-otot, yang artinya Anda akan kehilangan massa otot dan mendapatkan rasio lemak tubuh yang lebih tinggi.

Kekurangan protein yang dibutuhkan berarti bahwa tubuh akan memperlihatkan tanda-tanda kekurangan protein. Ini berarti munculnya masalah terhadap sintesis sel tulang, elastisitas kulit, fungsi-fungsi persendian, fungsi-fungsi organ tubuh, hormon, imunitas, emosi, dan kadar neurotransmiter bagi fungsi otak.

Apa yang kita butuhkan adalah protein-protein yang lengkap, yang didapat dari gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran. Jadi berapa banyak protein yang Anda butuhkan setiap hari? Ini bervariasi tergantung pada umur dan jenis kelamin. Untuk anak-anak, kira-kira mendekati angka antara 10 dan 20 gram. Untuk pria dewasa, jumlahnya dapat mendekati 60 gram. Untuk wanita dewasa, jumlahnya sekitar 50 gram. Selama kehamilan dan menyusui, jumlahnya akan naik sekitar 70 gram sehari.

Apa yang Anda ketahui tentang protein? Apa Anda cukup mendapatkannya? Cari tahulah berapa jumlah yang Anda butuhkan dan apakah Anda mendapatkan asupan protein yang benar.