Terapi Pijat: Pengendalian Stres untuk Mahasiswa

Terapi Pijat: Pengendalian Stres untuk Mahasiswaara mahasiswa menghadapi begitu banyak stres di dalam kehidupan sehari-hari mereka, mulai dari kehidupan akademis, pribadi dan sosial. Belum lagi harus mengalahkan tenggat waktu, ujian dan tes, serta tekanan untuk tampil dengan baik di sekolah semuanya bergabung menghasilkan

stres yang hebat di dalam kehidupan mahasiswa manapun.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi dan memfasilitasi metode pengendalian stres yang efektif

Dampak Stres pada Mahasiswa

Stres merupakan respon alami tubuh ketika ada tekanan pada diri Anda, yang seringkali merupakan masalah di sekolah sebagai mahasiswa harus menjalani ujian atau situasi akademis yang penuh tekanan lainnya. Hal ini telah terbukti oleh penelitian dan semakin besar stres yang dirasakan seorang mahasiswa, maka semakin besar dampaknya pada kondisi fisik dan emosional seseorang. Menjadi seorang mahasiswa memerlukan banyak hal dan tidak semata-mata persoalan komitmen akademis yang diharapkan dari individu tersebut. Ada juga tekanan sosial yang terlibat saat menjadi mahasiswa yang akan memberi tekanan lebih jauh ke dalam situasi yang dihadapinya.

Oleh karena itu, para mahasiswa dianjurkan untuk mengambil pendekatan pengendalian stres untuk memastikan bahwa mereka bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ini tidak hanya tentang menghilangkan semua stres dalam hidup Anda, tetapi juga untuk membantu meningkatkan kinerja akademik Anda sebagai mahasiswa. Ada beberapa teknik pengendalian stres yang direkomendasikan bagi mahasiswa, namun terapi pijat seringkali berada di tempat teratas pada daftar tersebut.

Mengapa Terapi Pijat?

Terapi pijat dikenal sebagai salah satu pereda stres yang efektif yang ada. Tapi apa yang membuat pijat sebagai metode yang sangat efektif untuk meredakan stres? Pijat dimulai dengan mengurangi ketegangan tubuh. Segera setelah Anda bisa melepaskan ketegangan fisik, Anda akan merasakan pemulihan pikiran. Terapi pijat karena itu berguna untuk mahasiswa karena kemampuannya memberikan pemulihan fisik dan mental sebagai pendekatan komprehensif untuk memerangi stres.

Biaya Terapi Pijat

Saat mempertimbangkan teknik pengendalian stres yang bisa digunakan mahasiswa, biaya merupakan faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Jika Anda akan menyewa jasa terapis profesional untuk melakukan terapi pijat, sangat penting untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan dan jika biaya itu cocok dengan kantong Anda. Keprihatinan inilah yang menghasilkan sejumlah program terapi pijat yang tersedia bagi mahasiswa yang ingin menikmati pemulihan dari stres. Anda juga bisa menjadwalkan sesi terapi pijat seperti itu sehingga bisa memaksimalkan hasilnya tanpa menghabiskan biaya besar.

Berbagai Jenis Pijat

Menurut Pusat Nasional Pengobatan Alternatif dan Komplimenter, terdapat beberapa teknik pijat yang bisa digunakan dalam rutinitas pengendalian stres. Tiga teknik pijat yang paling populer adalah sebagai berikut:

  • Pijat Swedia - Pijat ini menggunakan pukulan panjang dan memijat untuk memberikan peredaan maksimal dari ketegangan otot dan stres.
  • Pijat Jaringan Dalam - Ini merupakan teknik pijat lainnya yang bisa diandalkan untuk mengurangi stres secara efektif dan menghasilkan relaksasi.
  • Pijat Titik Pemicu - Teknik pijat ini bekerja pada 'simpul' untuk menghilangkan ketegangan yang menumpuk di dalam tubuh Anda.

Dengan demikian, Anda bebas memilih teknik pijat pengendalian stres untuk meredakan ketegangan dan menjaga kesehatan.

Olahraga dan kesehatan